Wali Kota Makassar Mau Bangun Patung Presiden kayak di Amrik

Terinspirasi dari Gunung Rushmore di Amerika Serikat

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto berencana membuat patung Presiden RI di bundaran BTP Jalan Perintis Kemerdekaan. Patung tersebut sebagai tanda penghormatan atas jasa-jasa presiden dari masa ke masa. 

Menurut Danny, dengan adanya patung itu maka generasi muda akan mengenang jasa-jasa presiden yang pernah memimpin Indonesia. Namun sejauh ini, rencana tersebut baru sebatas usulan.

"Kita baru mau usulkan, presiden sebagai simbol-simbol negara, kita buat sebagai bagian yang harus diingat masyarakat," ujar Danny di Makassar, Kamis (17/3/2022).

1. Terinspirasi dari Gunung Rushmore

Wali Kota Makassar Mau Bangun Patung Presiden kayak di Amrikwikipedia.org

Danny menuturkan rencana pembuatan patung tersebut terinspirasi dari ukiran kepala presiden Amerika Serikat di Gunung Rushmore. Di gunung tersebut, ada empat ukiran kepala presiden Amerika Serikat yaitu George Washington, Thomas Jefferson, Theodore Roosevelt dan Abraham Lincoln.

"Sama seperti di Amerika, penghargaan masyarakat Sulsel itu adalah patung presiden, supaya anak-anak kita tahu," kata Danny.

2. Patung sebagai penghargaan

Wali Kota Makassar Mau Bangun Patung Presiden kayak di AmrikWali Kota Makassar Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto saat menjabarkan program inovasi godokannya di Gedung Kemendagri Jakarta, Kamis 25 November 2021. (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Meski demikian, kata Danny, bentuk patung itu nantinya hanya patung biasa yang dipasang di bundaran BTP. Namun patung itu akan berbentuk patung utuh sebagai penghargaan sekaligus edukasi bagi masyarakat.

"Karena di kota sayang itu, tidak ada putaran di situ, itu kan enak kayak di HI, tidak pakai air mancur, gantinya patung karena itu tempat paling bagus makanya kita tempatkan di situ patung presiden," kata Danny.

Baca Juga: Keinginan Terbaru Danny Pomanto: Jadikan Makassar Kota Metaverse

3. Pemkot siapkan anggaran Rp10 miliar

Wali Kota Makassar Mau Bangun Patung Presiden kayak di AmrikIlustrasi anggaran (IDN Times/Arief Rahmat

Danny juga mengaku akan berkoordinasi terlebih dahulu kepada Pemprov Sulsel dan Balai Jalan Nasional. Jika diberikan izin, maka pihaknya telah menyiapkan anggaran sebesar Rp10 miliar.

"Tentunya kita harus ada izin, siapa tahu ada mekanisme untuk bikin patung presiden," kata Danny. 

Baca Juga: Danny : Hanya 8 Persen Penduduk Makassar yang Tahu Metaverse

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya