Keinginan Terbaru Danny Pomanto: Jadikan Makassar Kota Metaverse

Danny minta para birokrat Makassar promosikan Metaverse

Makassar, IDN Times - Makassar punya keinginan jadi kota Metaverse. Hal itu telah diumumkan oleh Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto selaku Wali Kota Makassar.

Danny Pomanto sempat beberapa kali berbicara mengenai rencana ini. Pertama kali saat agenda rapat koordinasi khusus (rakorsus) dengan seluruh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkot Makassar, Senin 7 Maret 2022 lalu.

“Kami menggambarkan dunia maya dengan konsep 3D. Istilah metaverse adalah realitas virtual dan kehidupan kedua digital," kata Danny saat itu.

1. Danny kerahkan birokrat promosikan Metaverse

Keinginan Terbaru Danny Pomanto: Jadikan Makassar Kota MetaverseWali Kota Makassar Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto saat menjabarkan program inovasi godokannya di Gedung Kemendagri Jakarta, Kamis 25 November 2021. (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Usai menggelar Pra Rakorsus bagian ke-3 secara virtual di kediaman pribadinya Jalan Amirullah hari ini, Jumat (11/3/2022), Danny kembali membicarakan terkait konsep Makassar Metaverse. Dia akan memformat ulang kembali sistem informasi teknologi di Pemkot Makassar.

"Saya ingin mempersiapkan paling dasar dulu, yaitu memformat kembali infrastruktur IT atau informasi media sosial di Pemkot Makassar, baik secara official, secara kenegaraan maupun secara pribadi," ucap Danny.

Menurut Danny, hal tersebut dilakukannya agar 22 ribu birokrat dapat menjadi suatu kekuatan informasi bagi Pemerintah Kota Makassar sendiri. 

"Itu menjadi dasar daripada Metaverse, maka dengan itu saya segera instruksikan buat dan kita lihat apakah sistemnya jalan atau tidak, paling tidak mereka dapat memposting kemudian mempromosikan tentang metaverse, karena begitu pentingnya metaverse ini," jelas Danny.

2. Metaverse disebut sejalan dengan Sombere and Smart City

Keinginan Terbaru Danny Pomanto: Jadikan Makassar Kota MetaverseIlustrasi Metaverse (freepik)

Istilah Metaverse yang erat keterkaitannya dengan kemajuan teknologi ini sengaja diusung Danny dalam rakorsus kali ini. Kata dia hal ini sebagai jalan untuk beradaptasi di masa depan. 

Konsep Metaverse yang mengedepankan perkembangan teknologi yang pesat, kata  Danny, menuntut kemampuan adaptasi yang mumpuni. Kota Makassar disebut telah memiliki pondasi, yakni dengan penerapan sistem Sombere and Smartcity.

"Makassar menuju Kota Metaverse adalah lanjutan Sombere and Smartcity, yang mempermudah mensosialisasikan program. Semua program berguna, bukan transaksional, sebagai bentuk perkenalan kita ambil positioning di situ, namanya MakaVerse, Makassar Metaverse," ujar Danny.

Baca Juga: Stadion Barombong dan Mattoanging, Gelagat Politik Danny dan Sudirman

3. Danny minta ASN berperan aktif

Keinginan Terbaru Danny Pomanto: Jadikan Makassar Kota MetaverseWali Kota Makassar Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto saat berbicara dalam forum virtual Asean Sustainable Urbanisation Forum (ASUF), 6 Oktober 2021. (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Untuk memaksimalkan hal tersebut, kata Danny, mewujudkan Makassar Metaverse membutuhkan koordinasi yang apik, utamanya lingkup pemerintah kota. Oleh karena itu, saat Pra-Rakosus 3, Danny menitipkan beberapa pesan untuk membenahi sistem Smartcity yang telah ada.

"Perlunya membenahi website resmi SKPD segera mungkin dan pembaharuan secara rutin melalui akun media sosial masing-masing," kata Danny. 

Bukan itu saja, setiap ASN lingkup Pemkot Makassar juga harus mengambil peran secara inisiatif sesuai tugas pokok dan fungsinya untuk menjadi pemeceh masalah. ASN, kata Danny, harus hadir memberi solusi setiap permasalahan warga.

Baca Juga: Hasil Seleksi Laskar Pelangi Makassar Menuai Protes, Danny: Kita Fair

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya