Hasil Seleksi Laskar Pelangi Makassar Menuai Protes, Danny: Kita Fair

Sebanyak 4.000 tenaga operasional akhirnya dipertahankan

Makassar, IDN Times - Pada Jumat 4 Maret 2022 lalu, hasil seleksi Laskar Pelangi Pemerintah Kota Makassar diumumkan. Dari hasil seleksi tersebut, ada 12.000 peserta dinyatakan lulus. 

Namun hasil seleksi ini menuai protes dari sejumlah peserta yang gagal. Belum lagi, banyak tenaga kontrak lama yang dianggap berkualitas justru tidak lolos seleksi. 

"Dari sampai tadi malam, saya terima orang menangis-menangis. Tapi satu yang kita lihat dari ketidaksempurnaan sistem ini, kita fair," kata Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' di kediamannya di Jalan Amirullah Makassar, Senin (7/3/2022).

1. Seleksi Laskar Pelangi Makassar diikuti 15.000 peserta

Hasil Seleksi Laskar Pelangi Makassar Menuai Protes, Danny: Kita FairSuasana seleksi Laskar Pelangi di Kantor Dinas Kesehatan Makassar, Selasa (21/12/2021). IDN Times/Istimewa

Laskar Pelangi merupakan singkatan dari Laskar Pelayanan Publik Integritas. Pemkot menyelenggarakan seleksi ini karena ingin menertibkan tenaga kontrak.  

Sekitar 15.000 peserta mengikuti seleksi Laskar Pelangi pada Desember 2021 lalu. Sekitar 12.800 peserta merupakan tenaga honorer lama dan sekitar 3.000 peserta lainnya merupakan pelamar baru.

Dari hasil seleksi, sekitar 12.000 peserta dinyatakan lulus. Mereka terdiri dari 7.514 tenaga administrasi dan 4.486 orang lainnya adalah pelayanan jasa kebersihan dan keindahan.

2. Danny pertahankan tenaga operasional

Hasil Seleksi Laskar Pelangi Makassar Menuai Protes, Danny: Kita FairWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Danny pun menegaskan, petugas operasional yang bekerja 24 jam tidak boleh diganggu gugat. Misalnya tenaga kebersihan, penggali kubur, pemadam kebakaran dan petugas operasional lainnya.

Dia akan tetap mempertahankan 4.000 tenaga kontrak tersebut. Sebab mereka dianggap telah bekerja dan berjasa di masyarakat.

"Kan 12.000 total honorer, 4.000 operasional harian 24 jam, itu tidak boleh diganggu. Yang kita butuh 12.000 administrasi. Ini saya akan tertibkan, khusus yang sekarang kita perpanjang sampai Maret," kata Danny.

Baca Juga: Danny Pomanto Murka Soal Ujian Seleksi Laskar Pelangi Makassar Bocor

3. Peserta yang dinyatakan lulus diwajibkan membawa orang untuk divaksinasi

Hasil Seleksi Laskar Pelangi Makassar Menuai Protes, Danny: Kita Fairilustrasi vaksinasi (IDN Times/Herka Yanis)

Sementara tenaga kontrak Laskar Pelangi Pemkot Makassar yang telah dinyatakan lulus seleksi masih akan diuji kembali. Mereka akan diuji dengan melihat kinerjanya selama satu bulan.

Mereka wajib mengajak warga yang belum divaksinasi. Jika tidak memenuhi tugas tersebut, maka mereka tidak diberikan SK pengangkatan tenaga kontrak.

"Laskar Pelangi, kita mau rapat mereka akan diuji selama satu bulan, kalau tidak penuhi saya tidak akan SK-kan," kata Danny.

Baca Juga: Tenaga Honorer Bakal Dihapus, Laskar Pelangi Tetap Lanjut

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya