Viral Lansia Sakit di Makassar Telantar, Diusir dari Kamar Kos

Dinsos sebut telah beri penanganan

Makassar, IDN Times - Video seorang nenek yang sedang sakit dan ditelantarkan viral di media sosial usai diunggah oleh akun Instagram Melanie Subono. Potret miris tersebut disebut terjadi di Makassar, Sulawesi Selatan. 

Dalam video tersebut, terlihat seorang nenek dengan tubuh kurus tengah terbaring lemah di atas ranjang kecil berkasur lusuh. Kakinya terlihat terluka yang mirip seperti luka diabetes.

"Lansia dibuang barangnya dan dikunci ibu kosnya semalam. Makan jarang berdiri udah susah banget. Seorang lansia udah ga bisa bangun dengan suami katarak, keduanya kurang gizi karena kadang makan kadang tidak," demikian keterangan unggahan itu.

1. Dinsos sebut telah beri penanganan

Viral Lansia Sakit di Makassar Telantar, Diusir dari Kamar KosIlustrasi rumah sakit. (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Makassar, Aulia Arsyad, membenarkan perihal video tersebut. Namun dia mengatakan potret dalam video tersebut terjadi di dua pekan yang lalu. 

Dia mengaku heran mengapa video ini baru viral sekarang. Padahal pihaknya telah menurunkan tim untuk menangani lansia tersebut beserta suaminya.

"Karena kan habis dibawa ke rumah sakit Daya. Informasinya ini dua minggu yang lalu kami bawa ke rumah sakit. Makanya saya bilang kenapa baru sekarang viral. Dianggap lagi tidak ditangani padahal kita sudah turun," kata Aulia melalui telepon, Jumat (25/3/2022).

2. Telah dibawa ke rumah sakit

Viral Lansia Sakit di Makassar Telantar, Diusir dari Kamar KosIlustrasi rumah sakit. IDN Times/Galih Persiana

Aulia mengatakan pihaknya langsung membawa lansia tersebut begitu mengetahui informasinya. Nenek itu dibawa ke RSUD Daya Kota Makassar untuk menangani luka diabetesnya. 

Saat kondisinya mulai membaik, nenek tersebut pun rencana dipulangkan dari rumah sakit ke rumah indekosnya. Namun setelah tiba, si nenek telah menemukan barang-barangnya sudah dikeluarkan.

"Kebetulan sudah dua bulan menunggak. Jadi ini yang punya kos kasih keluar semua barangnya. Jadi kita koordinasi sama lurah memberikan tempat tinggal sementara," katanya.

Baca Juga: Polisi Makassar Sebut Kasus Pengeroyokan Nenek Jukir Sulit Dibuktikan

3. Tinggal di Balai Wirajaya

Viral Lansia Sakit di Makassar Telantar, Diusir dari Kamar KosBarang milik seorang lansia di Makassar, Sulawesi Selatan, disimpan di tepi jalan. Instagram/melaniesubono

Aulia mengatakan si nenek dan suaminya awalnya hendak dibawa ke Balai Wirajaya di Jalan AP Pettarani. Namun balai tersebut tidak bisa menerima orang yang sedang sakit.

Alhasil, nenek dan suaminya yang telah pulang dari rumah sakit diberikan tempat tinggal sementara di dekat rumah RT. Setelah sehat, barulah dia dibawa ke Balai Wirajaya.

"Jadi yang tadinya kasurnya sudah dibuang sama rumah kos, kita dari Dinas Sosial kasih bantuan kasur, selimut untuk tempat tidurnya. Family kit, alat mandi, pakaian dalam. Kemarin juga Wirajaya kasih bantuan beras. Intinya dikasih kebutuhannya. Hari ini, mau dibawa ke Wirajaya," katanya.

Baca Juga: Viral Mahasiswa Pengunjuk Rasa di Makassar Diduga Keroyok Polisi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya