Tiga Proyek Prioritas Pemkot Makassar Gagal Tender

Bakal digelar lelang ulang

Makassar, IDN Times - Tiga proyek prioritas Pemerintah Kota Makassar mengalami gagal lelang. Ketiganya adalah proyek infrastruktur yang dianggarkan dalam APBD 2023.

Terkait hal ini, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto tidak terlalu ambil pusing. Menurutnya, proyek yang gagal lelang merupakan hal biasa.

"Tidak apa-apa, itu kan biasa, daripada nanti bermasalah," kata Danny di Makassar, Jumat (3/1/2023).

Sebelumnya, Danny membuka tender dini pada Desember 2022 dengan maksud mempercepat pengerjaan sekaligus realisasi anggaran. Hal tersebut juga mengacu pada banyaknya program dan proyek yang tidak terealisasi pada tahun anggaran 2022.

1. Tiga proyek masuk dalam RPJMD

Tiga Proyek Prioritas Pemkot Makassar Gagal TenderIlustrasi infrastruktur (IDN Times/Arief Rahmat)

Ketiga proyek tersebut adalah Makassar Core City Arena (Macca) yang di dalamnya mencakup Sirkuit Internasional Untia. Proyek ini dianggarkan sebesar Rp270 miliar melalui Dinas Pemuda dan Olahraga.

Selanjutnya adalah, proyek Makassar Government Center (MGC) and Services. Proyek ini dianggarkan dengan pagu anggaran Rp200 miliar pada 1 Desember 2022 lalu.

Kemudian, proyek embangunan gedung dan kantor PKK, Dekranasda dan UMKM Center. Proyek ini diajukan dengan pagu anggaran Rp33,9 milliar.

Ketiga proyek ini bukan saja proyek prioritas namun juga masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Makassar.

2. Danny sebut administrasi masih belum sempurna

Tiga Proyek Prioritas Pemkot Makassar Gagal TenderWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Danny mengaku tidak mempermasalahkan proyek yang gagal lelang tersebut. Menurutnya, hal ini bahkan bisa menjadi acuan bagi organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk mengevaluasi.

Meski begitu, Danny optimis proyek-proyek strategis Pemerintah Kota Makassar akan tetap selesai tepat waktu. 

"Lebih bagus kita batalkan dulu karena ada administrasi yang 'tidak sempurna'. Jadi kami sempurnakan, kami kan takut. Tapi insyaallah tidak terlambat, tetap November - Desember selesai," katanya.

Baca Juga: Pemkot Makassar Bakal Gelar Pasar Murah di Kontainer Makassar Recover

3. Ketiga proyek bakal dilelang ulang

Tiga Proyek Prioritas Pemkot Makassar Gagal TenderIDN Times/Arief Rahmat

Lelang proyek yang gagal tersebut akhirnya dibatalkan oleh kepala Unit Layanan Pengadaan (ULP). Menurut informasi, ULP, ada masalah administrasi dan dokumen yang tidak lengkap sehingga mengakibatkan tiga proyek itu gagal lelang.

Kepala Bagian ULP Makassar, Sibly Muhammad, mengatakan pihaknya akan membuka lelang kembali dalam waktu dekat. Pada lelang berikutnya, Pemkot akan melibatkan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) untuk mendampingi dan mencegah hal yang tidak diinginkan dalam proses lelang.

"Kami pastikan akan ajukan dalam waktu dekat. Itu sebagai politik insurance, proses bisa berlangsung secara integritas, akuntabel dan transparan," katanya.

Baca Juga: Belum Penuhi Syarat, Proyek Japparate Makassar Belum Bisa Ditender

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya