Belum Penuhi Syarat, Proyek Japparate Makassar Belum Bisa Ditender

Makassar siapkan dua perda baru sebelum tender

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar sudah mulai melaksanakan tender dini untuk sejumlah proyek prioritas tahun 2023. Namun proyek Japparate tidak termasuk.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Makassar, Zulkifli Nanda, mengatakan Pemkot Makassar masih melengkapi persiapan untuk tahapan tender proyek Japparate.

"Belum ada perencanaan juga untuk tender dini. Karena kita lagi melakukan persiapan-persiapan untuk Japparate. Inshallah tahun ini tapi bukan tender dini," ujarnya via telepon, Rabu (18/1/2023).

1. Menggunakan skema investasi

Belum Penuhi Syarat, Proyek Japparate Makassar Belum Bisa DitenderIlustrasi investasi. (IDN Times/Arief Rahmat)

Zulkifli menjelaskan bahwa proyek Japparate menggunakan skema investasi. Karenanya, ada beberapa hal yang harus disiapkan mulai dari berkas hingga Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang investasi di Kota Makassar.

Proyek Japparate telah masuk ke iPRO (Investment Project Ready to Offer). Proyek ini telah ditawarkan dalam program Phinisi Sultan yang diadakan Bank Indonesia dan Pemprov Sulsel beberapa waktu lalu.

"Itu alhamdulillah kami sudah masuk tiga besar dan mudah-mudahan kita bisa segera tenderkan," katanya.

2. Pemkot Makassar diminta siapkan perda investasi

Belum Penuhi Syarat, Proyek Japparate Makassar Belum Bisa DitenderIlustrasi infrastruktur (IDN Times/Arief Rahmat)

Proyek Japparate juga telah dikoordinasikan bersama Kementerian Investasi. Namun ada beberapa catatan yang diberikan Kementerian Investasi untuk dibenahi.

Pemkot Makassar diminta menyiapkan perda rencana induk pariwisata. Kemudian, Pemkot juga diminta menyiapkan perda insentif penanaman modal dan kemudahan investasi. 

"Itu sementara berproses. Kalau sudah selesai itu dua perda, baru kita bisa lakukan tender," kata Zulkifli.

Syarat lainnya, Pemkot harus menyiapkan lapak untuk UMKM sebanyak 20 persen dari keseluruhan lapak-lapak yang disediakan di Japparate. 

Baca Juga: Rakernis APEKSI, Danny Buka Lebar Peluang Investasi di Kota Makassar 

3. Nilai investasi diprediksi Rp5 triliun

Belum Penuhi Syarat, Proyek Japparate Makassar Belum Bisa DitenderIlustrasi investasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Jika tak ada aral melintang, Pemkot Makassar menargetkan proses tender proyek Japparate tetap dilaksanakan tahun ini. Apalagi proyek Japparate telah diperkirakan menghasilkan nilai investasi sebesar Rp5 triliun.

"Kami tetap siapkan perda itu. Kalau sudah selesai 2 perda itu, sudahlah siap untuk ditenderkan. Perhitungannya bulan 6 itu 2 perda itu selesai. Perda pariwisata dan perda insentif," kata Zulkifli.

Baca Juga: Proyek Japparate Diharapkan Jadi Magnet Baru Investasi di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya