Proyek Japparate Diharapkan Jadi Magnet Baru Investasi di Makassar

Nilai investasinya bisa capai Rp5 triliun

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar mengharapkan proyek Japparate menjadi sebuah magnet baru untuk berinvestasi. Proyek tersebut digadang-gadang akan mendatangkan banyak investor.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Makassar, Zulkifli Nanda, mengatakan nilai investasi tahun ini ditargetkan lebih tinggi dibandingkan tahun 2022 lalu yang hanya Rp4 triliun. Dengan adanya proyek Japparate, Pemkot yakin target tersebut akan tercapai apalagi nilai investasinya bisa mencapai Rp5 triliun.

"Tahun ini ada Japparate. Kalau terlaksana luar biasa. Kita bisa menambah income lagi Rp5 triliun," kata Zulkifli, Selasa (10/1/2023).

1. Makassar berupaya tarik minat investor

Proyek Japparate Diharapkan Jadi Magnet Baru Investasi di MakassarIlustrasi investasi. (IDN Times/Arief Rahmat)

Akan tetapi, kata Zulkifli, banyak persyaratan yang harus dipenuhi untuk menarik minat investor terhadap proyek Japparate. Salah satunya yakni harus ada Perda Insentif Penanaman Modal dan Kemudahan Investasi. 

Sejauh ini, Kota Makassar belum memiliki perda tersebut. Padahal, kata Zulkifli, perda tersebut bisa memudahkan para investor yang hendak menanamkan modal di Kota Makassar misalnya mendapatkan potongan atau retribusi dan berbagai kemudahan lain.

"Kalau itu sudah dimiliki, saya yakin banyak pengusaha yang mau menanamkan modalnya untuk berinvestasi ke kota Makassar," katanya.

2. Danny tawarkan proyek ke investor

Proyek Japparate Diharapkan Jadi Magnet Baru Investasi di MakassarWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menyebutkan sejumlah proyek prioritas akan menarik minat investor tahun ini. Selain Japparate, Danny juga menyebut proyek PSEL (Pengolahan Sampai Menjadi Energi Listrik).

"Kalau PSEL ini berhasil, kita dapat Rp2 triliun khusus dari PSEL. Kalau Japparate bisa jalan, ditambah Rp5 triliun lagi. Makanya ada teman-teman investor saya juga tawarkan, memperkenalkan diri semua," kata Danny.

3. Bagian dari rencana revitalisasi Pantai Losari

Proyek Japparate Diharapkan Jadi Magnet Baru Investasi di MakassarWarga melintas di area Pantai Losari saat matahari terbenam di Makassar, Sulawesi Selatan. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Japparate merupakan salah satu dari 18 proyek prioritas Pemkot Makassar yang dianggarkan dalam APBD 2023. Japparate juga menjadi salah satu proyek yang ditawarkan Danny ke sejumlah investor asing saat ajang Makassar Investment Forum pada November 2022 lalu.

Japparate merupakan bagian dari rencana proyek revitalisasi kawasan anjungan Pantai Losari. Japparate akan berbentuk kawasan jembatan layang yang dibangun tiga lantai yakni lahan parkir di lantai pertama, pusat perbelanjaan atau mal di lantai dua, dan pedestarian sekaligus pusat kuliner di lantai tiga.

Baca Juga: Pantai Losari Makassar Bakal Direvitalisasi, Nilai Proyek Rp3 Triliun

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya