Syarat Agar Pandemik COVID-19 di Sulsel Segera Berakhir

Gubernur Sulsel harap pandemik COVID-19 tuntas akhir Mei

Makassar, IDN Times - Pakar kesehatan Universitas Hasanuddin Dr Aminuddin Syam, menanggapi pernyataan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah yang mengharapkan agar pandemik COVID-19 di Sulsel bisa berakhir Mei mendatang.

Menurutnya, pernyataan gubernur itu diasumsikan bisa terwujud jika masyarakat Sulsel disiplin mengikuti aturan yang ditetapkan, utamanya aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Namun kenyataan sampai hari ini kasus positif masih selalu bertambah. Beberapa sebab diantaranya adalah sebagian masyarakat Sulsel tidak disiplin dan tidak mengindahkan aturan yg ditetapkan pemerintah," kata Aminuddin saat dihubungi IDN Times, Senin (4/5).

1. Penanganan COVID-19 dinilai belum maksimal

Syarat Agar Pandemik COVID-19 di Sulsel Segera BerakhirPelanggar PSBB di Makassar. IDN Times/Polrestabes Makassar

Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin ini, juga menilai bahwa penanganan COVID-19 yang dilakukan oleh pemerintah provinsi sudah baik, hanya saja belum berjalan maksimal. 

"Misalnya dalam hal tracing kontak, kelihatannya masih perlu dioptimalkan. Karena sepanjang masih ada penderita OTG yang berkeliaran maka proses pemutusan penularan tidak akan pernah selesai," katanya. 

Hal ini berlaku pula dengan koordinasi. Dia merasa koordinasi sesama Satgas COVID-19 maupun pemerintah daerah masih perlu ditingkatkan sehingga tidak ada satu pun OTG, ODP, dan PDP yang tidak terpantau. 

2. Tidak yakin pandemik COVID-19 di Sulsel berakhir Mei

Syarat Agar Pandemik COVID-19 di Sulsel Segera BerakhirGubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat berada di Swiss-Belhotel Makassar, Selasa (28/4). Humas Pemprov Sulsel.

Dua hari yang lalu, Nurdin Abdullah memang mengharapkan semua pihak di wilayahnya bahu-membahu melawan pandemik COVID-19. Dengan begitu wabah penyakit akibat virus corona bisa segera tuntas.

“Tentu kita ingin hidup normal Kembali. Target kami, kalau kita sepakat tentu ini butuh komitmen bersama, akhir Mei kita harus akhiri COVID-19 ini,” kata Nurdin saat mengunjungi posko Gugus Tugas COVID-19 Sulsel di Balai Prajurit Jenderal M Jusuf, Jalan Jenderal Sudirman Makassar, Sabtu (2/5).

Menurut Aminuddin, pernyataan ini sebenarnya sangat realistis seandainya tracing kontak dilakukan secara maksimal dan masyarakat disiplin dalam mengikuti aturan pemerintah.

"Tapi kondisi saat ini dengan kesadaran masyarakat yang sangat rendah serta kurangnya hukuman bagi yang melanggar aturan pemerintah, maka saya tidak yakin kasus positif bisa selesai bulan Juli. Apalagi dengan lebaran nanti, akan ada saja masyarakat yang pulang kampung padahal yang bersangkutan berasal dari zona merah," lanjutnya.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Akui Belum Mampu Menekan COVID-19 di Daerahnya

3. Syarat agar pandemik COVID-19 segera berlalu

Syarat Agar Pandemik COVID-19 di Sulsel Segera BerakhirANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Untuk mencapai harapan gubernur agar pandemik COVID-19 segera berakhir, kata Aminuddin, maka baik pemerintah maupun masyarakat seharusnya melakukan beberapa hal. 

Pertama, pemerintah harus memaksimalkan pendataan dan memastikan seluruh OTG, ODP dan PDP terpantau dengan baik. Kedua, disiplinkan masyarakat. Menurutnya, tidak boleh ada toleransi terutama pada OTG, ODP dan PDP. Mereka harus dikarantina atau diisolasi baik di layanan kesehatan maupun secara mandiri supaya tidak berinteraksi dengan masyarakat yang sehat. 

"Ketiga, satukan komando. Tidak boleh terlalu banyak komando yang pada akhirnya bisa membingungkan aparat pelaksana di lapangan," katanya.

Baca Juga: Sulsel Ajukan 4 Laboratorium Tambahan untuk Uji Sampel COVID-19 

Syarat Agar Pandemik COVID-19 di Sulsel Segera BerakhirStop Stop Ser

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya