Sulsel Siap Tampung Pengungsi Gempa Majene dan Mamuju Sulbar

Rumah sakit di Makassar disiapkan untuk korban luka-luka

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menyatakan siap menampung pengungsi yang terdampak gempa di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar). 

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat melakukan peninjauan di lokasi gempa di Majene, Jumat (15/1/2021). 

Dia mengatakan armada bantuan dari Garuda Indonesia bisa digunakan untuk mengangkut tim medis ke Majene dan Mamuju, begitu pun sebaliknya jika ada pengungsi yang harus dievakuasi ke Makassar. 

"Kita juga sudah menawarkan tadi, kalau ada yang harus kita evakuasi ke Makassar, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sudah menyiapkan tempat, baik untuk penampungan maupun untuk perawatan," kata Nurdin.

1. Siapkan rumah sakit penyangga untuk korban gempa Sulbar

Sulsel Siap Tampung Pengungsi Gempa Majene dan Mamuju SulbarKondisi pasca-bencana gempa bumi di Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). (Dok. Humas Pemprov Sulsel)

Selain itu, pemprov Sulsel juga menyediakan rumah sakit penyangga di Makassar bagi korban gempa tersebut. Hanya saja, Nurdin belum menyebutkan rumah sakit mana yang dimaksud.

Namun begitu, Nurdin mengaku sudah mempersiapkan semua kebutuhan bagi korban gempa. Termasuk menyediakan fasilitas rumah sakit penyangga bagi para korban luka-luka.

"Saya minta kita segera ke sini (Sulbar) kita ada koordinasi, termasuk hercules. Jadi semua yang terkena gempa yang ada masalah kesehatan dan sebagainya yang serius, kita evakuasi ke Makassar. Kita akan menjadi penyangga untuk perawatan kesehatan semuanya," ucap Nurdin.

2. Sulsel merupakan salah satu provinsi terdekat Sulbar

Sulsel Siap Tampung Pengungsi Gempa Majene dan Mamuju SulbarKondisi pascabencana gempa bumi di Sulawesi Barat/Humas Pemprov Sulsel

Nurdin mengaku merasa terpanggil untuk membantu korban gempa di Sulbar. Selain karena provinsi tetangga, juga karena Sulbar masih merupakan wilayah Kodam XIV Hasanuddin.

"Sebagai saudara kita terdekat kami datang untuk memberikan support kepada Pak Gubernur (Sulbar), dan tentunya Bapak Panglima karena ini masih wilayah Kodam XIV Hasanuddin," katanya.

Baca Juga: [FOTO] Kondisi Terkini di Majene-Mamuju Sulawesi Barat setelah Gempa

3. Sulsel sudah berangkatkan logistik dan Tim Tagana

Sulsel Siap Tampung Pengungsi Gempa Majene dan Mamuju SulbarKondisi pascabencana gempa bumi di Sulawesi Barat/Humas Pemprov Sulsel

Untuk meringankan beban korban gempa di Majene dan Mamuju, sejumlah logistik pun sudah dibawa oleh kapal angkatan laut dan juga tim medis PMI. Pengiriman bantuan melalui KRI Teluk Ende di Lantamal Makasar, Jumat (15/1/2021).

Berdasarkan data dari Dinas Sosial Sulsel, logistik yang diserahkan yaitu 10 ton beras, 3.000 dus mi instan, 3.000 liter gula pasir, 3.000 kaleng ikan sarden, 3.000 liter minyak kelapa, 3.000 buah selimut, dan 3.000 buah sarung. 

Selain itu, Sulsel juga mengirim bantuan bahan kebutuhan dasar dan juga mengerahkan Tagana Sulsel sebanyak 50 orang dengan armada dapur umum.

Baca Juga: Gempa Putus Jalan Utama Majene, Bantuan dari Sulsel Dikirim Laut-Udara

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya