Soal Stadion Mattoanging, Menpora: Sudah Dibahas Bersama Presiden

Dibahas dengan rencana renovasi 23 stadion se-Indonesia

Makassar, IDN Times - Proyek rehabilitasi Stadion Mattoanging sampai saat ini masih juga belum berjalan. Padahal ini sudah memasuki tahun ketiga sejak dibongkar pada Oktober 2020 lalu.

Disinggung terkait hal ini, Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, mengaku bahwa pihaknya telah membahas perihal proyek tersebut. 

"Stadion itu udah kita bahas juga bersama Bapak Presiden sekaligus membahas rencana renovasi 23 stadion se-Indonesia," kata Dito yang ditemui saat berkunjung ke Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (5/10/2023).

1. Menpora janji akan cari solusi

Soal Stadion Mattoanging, Menpora: Sudah Dibahas Bersama PresidenDED Stadion Mattoanging yang dibuat oleh PT Arkonin. IDN Times/Istimewa

Namun Dito memastikan komitmen bahwa Sulawesi Selatan harus memiliki stadion yang mumpuni. Hal ini juga telah dibahas bersama Pj Gubernur Susel Bahtiar Baharuddin dalam kesempatan tersebut.

Dia mengatakan ada beberapa opsi yang akan diperjuangkan untuk proyek Stadion Mattoanging. Meski begitu, dia tidak menyebutkan opsi apa saja yang dimaksud.

"Jadi, ini nanti kita akan mencari solusinya. Yang pasti kita bersama berjuang agar Sulsel memiliki stadion yang bisa membanggakan Indonesia Timur," kata Dito.

2. Pj Gubernur serahkan keputusan pada Menpora

Soal Stadion Mattoanging, Menpora: Sudah Dibahas Bersama PresidenPj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin pada apel di Kantor Gubernur Sulsel di Makassar, Kamis (7/9/2023). (Dok. Humas Pemprov Sulsel)

Pada kesempatan yang sama, Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, justru tak ingin berbicara banyak soal proyek ini. Dia hanya menyerahkan kepada Menpora selaku pemerintah pusat.

"Tugas saya adalah menyampaikan aspirasi masyarakat Sulsel. Selebihnya saya serahkan ke Pak Menpora. Silakan pemerintah pusat menentukan," kata Bahtiar.

Baca Juga: Komisi V DPR RI Usul Pemprov Sulsel Bangun Mattoanging di Lokasi Lain

3. Stadion Mattoanging terganjal masalah hukum

Soal Stadion Mattoanging, Menpora: Sudah Dibahas Bersama PresidenDemonstrasi ratusan soporter PSM Makassar soal polemik pembangunan Stadion Mattoanging di kantor DPRD Sulsel. IDN Times/Sahrul Ramadan

Nasib Stadion Mattoanging yang masih belum jelas terus menjadi pertanyaan. Sayangnya, masalah hukum perdata yang membelitnya membuat rencana itu tidak berjalan mulus.

Untuk tahun 2023, Pemprov Sulsel menganggarkan dana untuk stadion sebesar Rp60 miliar. Meski memastikan soal kelanjutan proyek Stadion Mattoanging, namun Pemprov rupanya tidak menganggarkannya dalam APBD Perubahan 2023.

"APBD Perubahan iya tadi saya juga tanya, Pak Gubernur bilang karena di Sulsel defisit Rp1,5 triliun," kata Dito.

Baca Juga: YOSS-Menpora Bertemu Bahas Pembangunan Kembali Stadion Mattoanging

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya