Siaga Kekeringan! PDAM Makassar Sebut Debit Air Baku Mulai Menurun

PDAM Makassar salurkan air bersih menggunakan mobil tangki

Makassar, IDN Times - Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Kota Makassar telah menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi kekeringan di sejumlah daerah. Salah satunya dengan rutin mengirimkan air bersih ke titik rawan.

Direktur Utama PDAM Kota Makassar, Benny Iskandar, mengungkapkan salah satu wilayah yang cukup sering mengalami kekeringan ketika musim kemarau yakni bagian utara dan timur kota. Bagian Utara kota yakni Kecamatan Tallo sedangkan bagian timur meliputi Kecamatan Biringkanayya dan Tamalanrea.

"Masih tetap dilayani. Kalau ada beberapa kawasan sepanjang dia pelanggan dan dia meminta, kami antarkan," kata Benny, Senin (7/8/2023).

1. Air bersih didistribusikan dengan mobil tangki

Siaga Kekeringan! PDAM Makassar Sebut Debit Air Baku Mulai MenurunIlustrasi droping air bersih. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Titik-titik lokasi yang mengalami kekurangan debit air, kata Benny, juga akan diantarkan air bersih. Air bersih akan didistribusikan menggunakan tangki air. 

Masyarakat yang membutuhkan air bersih, dapat menghubungi langsung PDAM melalui call center 112. PDAM akan langsung mengantarkan air bersih ke rumah-rumah warga yang membutuhkan.

"Ada beberapa cara yang kita back up dengan mobil tangki. Ada mobil tangki yang inject ke pipa ada juga yang bantuan langssung. Mobil tangki langsung ke jerigen," kata Benny. 

2. Warga kerap kesulitan air bersih

Siaga Kekeringan! PDAM Makassar Sebut Debit Air Baku Mulai MenurunFoto hanya ilustrasi. (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Benny menjelaskan, bagian utara Kota Makassar kerap mengalami kesulitan air bersih di musim kemarau. Hal ini karena menurunnya debit air di Bendungan Lekopancing seiring jarangnya turun hujan.

Bendungan Lekopancing sendiri merupakan bendungan tadah hujan. Bendungan ini merupakan sumber air baku yang berjarak sekitar 28 meter dari instalasi air bersih IPA Panaikang dan IPA Antang.

"Itu perkara karena Lekopancing yang melayani dari IPA Panaikang yang melayani barat dan timur kota," kata Benny.

Baca Juga: Danny Pomanto jadi Saksi Sidang Kasus Korupsi PDAM Makassar

3. Debit air menurun seiring musim kemarau

Siaga Kekeringan! PDAM Makassar Sebut Debit Air Baku Mulai MenurunIlustrasi penyaluran air bersih.ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Dampak kekeringan akibat El Nino ini telah diprediksi oleh BMKG. Benny mengakui bahwa dampaknya sudah mulai dirasakan dengan menurunnya debit air di Bendungan Lekopancing di bawah 1 meter.

Untuk mengantisipasi hal ini, PDAM telah menurunkan pompa sukresi di Waduk Nipa-nipa. Namun masalahnya, debit air di Waduk Nipa-nipa juga menurun.

"Tapi kami tetap membuka alternatif lain dengan membuka IPA di Maccini Sombala dan Somba Opu," kata Benny.

Baca Juga: Dua Terdakwa Korupsi Dana PDAM Makassar Dituntut 11 Tahun Penjara

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya