Serunya Nonton Bareng Film Freeman di Anjungan Pantai Losari 

Salah satu rangkaian kegiatan F8

Makassar, IDN Times - Nonton bareng film Freeman menjadi salah satu agenda dalam kegiatan Makassar International Festival and Forum atau F8. Agenda nobar ini dilaksanakan oleh Konsulat Jenderal Australia pada hari kedua F8, Kamis (24/8/2023).

Kegiatan nobar berlangsung di Zona I area F8, anjungan Pantai Losari, Makassar. Area ini tepatnya berada di dekat Masjid Amirul Mukminin atau Masjid Terapung. Sekitar pukul 20.00 WITA, para pengunjung F8 mulai memenuhi lokasi nobar. 

Terlihat ada sebuah layar besar di atas panggung. Penonton pun duduk di kursi-kursi panjang berbahan kayu. Ditemani semilir angin sepoi-sepoi Pantai Losari, pengunjung tampak antusias dan menikmati film tersebut. 

Baca Juga: Dispar Makassar Prediksi Okupansi Hotel Naik 25 Persen Selama F8

1. Kisah inspiratif tentang Cathy Freeman

Serunya Nonton Bareng Film Freeman di Anjungan Pantai Losari Nonton bareng film Freeman di anjungan Pantai Losari, Jumat (24/8/2023). IDN Times/Asrhawi Muin

Film 'Freeman' sendiri merupakan sebuah film dokumenter yang menceritakan perjuangan Cathy Freeman. Dia merupakan mantan pelari asal Australia. 

Pada 1990, dia berhasil memenangkan medali emas pertama dalam acara olahraga internasional di usianya yang baru menginjak 16 tahun. Namanya melambung usai berhasil menenangkan medali emas dalam final 400 meter putri pada Olimpiade Sydney 2000. 

Cathy Freeman merupakan sprinter Aborigin pertama yang memenangkan medali emas di Olimpiade. Film ini mengeksplorasi tentang perjuangan, tekad dan kemenangan Cathy Freeman dalam pencapaiannya.

2. Konjen Australia senang ikut nobar

Serunya Nonton Bareng Film Freeman di Anjungan Pantai Losari Konjen Australia Todd Dias saat kegiatan nnton bareng film Freeman di anjungan Pantai Losari, Jumat (24/8/2023). Dok. Humas Pemkot Makassar

Acara nobar ini dihadiri langsung oleh Konsulat Jenderal Australia, Todd Dias. Hadir juga Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

Dias mengaku bangga dapat menonton bersama film Freeman bersama warga Kota Makassar. Hal tentu tidak lepas dari kisah inspiratif Cathy Freeman.

"Warga Australia mendukung dia karena dia orang asli Aborigin. Setelah dia menang medali emas di Olimpiade, dia jadi orang inspiratif untuk perempuan dan anak untuk ikut olahraga apapun," kata Dias usai menonton.

3. Walkot Makassar merasa terinspirasi

Serunya Nonton Bareng Film Freeman di Anjungan Pantai Losari Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto usai nonton bareng film Freeman di anjungan Pantai Losari, Jumat (24/8/2023). IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Danny Pomanto mengakui film Freeman sangat menginspirasi. Menurutnya film berdurasi 58 menit itu bukan hanya menyajikan hiburan semata melainkan ada pendidikan yang luar biasa.

Pendidikan yang inspiratif, kata Danny, itulah yang akan dikenang seumur hidup. Baginya, Cathy Freeman merupakan sosok perempuan yang sangat inspiratif karena mampu bangkit walaupun banyak tekanan.

"Seorang perempuan dengan banyak tekanan sosial yang dialaminya kemudian berhasil bangkit karena motivasi dari orang tua tirinya. Dengan bertekad berlatih akhirnya mencapai hal yang paling diimpikan di dunia, juara dunia Olimpiade," kata Danny.

Baca Juga: Rumata' Artspace Peringati 75 Tahun WHO di Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya