Dispar Makassar Prediksi Okupansi Hotel Naik 25 Persen Selama F8

F8 berlangsung di Pantai Losari selama lima hari

Makassar, IDN Times - Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar memperkirakan tingkat keterisian kamar atau okupansi hotel di daerahnya naik hingga 25 persen selama F8.

Makassar Internasional Festival and Forum akan berlangsung di Pantai Losari selama lima hari, mulai Rabu (23/8/2023). Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Muhamamd Roem, mengatakan sejumlah hotel di sekitar Pantai Losari bahkan telah penuh untuk Jumat hingga Minggu pekan ini. 

"Kita berharap terjadi peningkatan okupansi naik 25 persen dari hari biasanya," ujar Roem Rabu (23/8/2023).

Baca Juga: Makassar F8 2023, Jadwal, Harga Tiket-Line Up Artis Mengisi Konser

1. Menambah daya saing sektor parekraf

Dispar Makassar Prediksi Okupansi Hotel Naik 25 Persen Selama F8ilustrasi ekonomi (IDN Times)

Roem juga mengatakan F8 merupakan festival ekonomi kreatif. Ada 8 sektor ekonomi kreatif yang mewarnai perhelatan tahunan tersebut mulai dari dari industri mode, makanan, fiksi, dan musik.

Kedelapan sektor itu sebenarnya mewakili F8 itu sendiri. F8 merupakan singkatan dari fashion, food, fiction writer and font, fine art, folk, fusion music, flora and fauna serta film.

"Jadi ini menambah daya saing kita di dalam sektor parekraf (pariwisata dan ekonomi kreatif) Indonesia. Bukan cuma tentang bicara pariwisata, bicara ekonomi kreatif secara keseluruhan," kata Roem.

2. Mendorong Makassar ke level internasional melalui MICE

Dispar Makassar Prediksi Okupansi Hotel Naik 25 Persen Selama F8Warga melintas di area Pantai Losari saat matahari terbenam di Makassar, Sulawesi Selatan. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

F8 akan berlangsung selama lima hari dari 23-27 Agustus 2023. Event ini berlangsung dari sore sampai malam. Sementara pagi hingga siang hari, para tamu akan mengunjungi tempat-tempat wisata yang jadi daya tarik Makassar seperti Benteng Rotterdam dan pulau-pulau sekitar.

Roem mengatakan bahwa semua sektor bisa dimaksimalkan untuk menjadikan Makassar mencapai MICE skala nasional dan internasional. MICE merupakan singkatan dari Meeting (Pertemuan), Incentive (Insentif), Conference (Konferensi) and Exhibition (Pameran). 

"Sudah terbukti 5 desiner ASEAN akan tampil, terus ada 7 kabupaten kota dan 12 negara akan hadir. Di Kemenparekraf, itu dikatakan bisa nasional jika kabupaten dan provinsi ada lebih dari 5 yang mengikuti," kata Roem.

3. Mengusung Makassar Kota Makan Enak

Dispar Makassar Prediksi Okupansi Hotel Naik 25 Persen Selama F8Ilustrasi coto makassar (Wikimedia Commons/Lofor)

Roem mengatakan pelaksanaan F8 masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun kali ini, Kota Makassar ingin menunjukkan keunggulannya di bidang kuliner.

"Ada zona makan enak, sesuai tagline Makassar Makan Enak. Nanti berada di zona 4 khusus makanan semua, yang disediakan bervariasi dari kuliner Makassar sampai kuliner modern," katanya.

Menurut Roem, F8 telah menjadi salah satu agenda pariwisata yang mendapatkan atensi pemerintah pusat. Hal ini lantaran F8 akan kembali dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

"Bisa kita lihat Menteri Pariwisata kembali membuka F8 memberikan penilaian dari pusat dan ini ada perhatian khusus dari pusat dengan kehadiran Pak Menteri. Banyak event secara nasional tapi beliau memilih hadir di tanggal 23," kata Roem.

Baca Juga: Danny Pomanto Sebut 2000 Tamu VIP Bakal Hadiri F8 Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya