Sempat Mangkrak, Masjid 99 Kubah di Makassar Akhirnya Diresmikan

Gubernur sebut pembanunan telah rampung

Makassar, IDN Times - Masjid Kubah 99 Asmaul Husna atau lebih dikenal dengan nama Masjid 99 Kubah akhirnya diresmikan. Masjid yang berlokasi di kawasan CPI Makassar itu diresmikan oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, Minggu (20/8/2023).

Masjid ini memang telah difungsikan sejak tahun 2022 lalu walau belum sepenuhnya rampung. Sudirman mengatakan masjid ini kini diresmikan karena pembangunannya telah rampung. 

"Diresmikan karena alhamdulilalh sudah selesai semua bagian yang kita bangun dan kubahnya sudah 99. Kalau kemarin-kemarin kan kubahnya masih banyak sana sini bocor. Kita sudah selesaikan semua termasuk pelatarannya," kata Sudirman.

1. Habiskan anggaran Rp100 miliar

Sempat Mangkrak, Masjid 99 Kubah di Makassar Akhirnya DiresmikanSejumlah pengunjung menuruni tangga di pelataran Masjid 99 Kubah di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (14/4/2022). Masjid dengan jumlah kubah sebanyak 99 buah tersebut menjadi salah satu destinasi wisata religi yang dikunjungi wisatawan khususnya umat muslim saat bulan Ramadhan 1443 H. ANTARA FOTO/Arnas Padda/foc.

Untuk menyelesaikan pembangunan Masjid 99 Kubah, kata Sudirman, butuh anggaran kurang lebih sekitar Rp100 miliar. Ke depannya, masjid ini butuh perawatan secara intens karena materialnya.

Selanjutnya, pengelolaan masjid ini masih berada di bawah naungan Pemprov Sulsel sebab termasuk aset pemerintah. Rencannya, pemeliharaannya nanti akan dialoksikan ke APBD provinsi.

"Beberapa kita alokasikan termasuk mungkin listriknya karena besar sekali. Tapi pelan-pelan nanti akan mandiri karena dia kan pengelola bagaimana nanti punya penghasilan sendiri yang sifatnya rutin dan bisa membiayai," kata Sudirman.

2. Pemprov akan fokus pada pemeliharaan

Sempat Mangkrak, Masjid 99 Kubah di Makassar Akhirnya DiresmikanSuasana Masjid 99 Kubah di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (14/4/2022). Masjid dengan jumlah kubah sebanyak 99 buah tersebut menjadi salah satu destinasi wisata religi yang dikunjungi wisatawan khususnya umat muslim saat bulan Ramadhan 1443 H. ANTARA FOTO/Arnas Padda/foc.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Sulsel, Andi Darmawan Bintang, menyebutkan bahwa konstruksi masjid ini terdiri dari dua yaitu konstruksi beton, dan kontruksi baja. Total luasnya sekitar 2 hektar dengan luas masjid terutama mengukur dari basement sekitar 1 hektar. 

Dia juga mengatakan pembangunan masjid ini sudah final termasuk di bagian jalan berputar, basemen dan taman. Hanya saja ke depannya bagaimana membuat masjid ini semakin indah dengan pemeliharaan dan kemungkinan adanya pengembangan.

"Bukan juga merupakan bagian yang sudah berhenti karena desainnya sudah jadi tapi kalau dalam perkembanganya ditemukan atau ada ide-ide untuk mengembangkan lebih indah tentu akan kita lakukan," kata Darmawan.

Baca Juga: Ridwan Kamil Terkesan pada Masjid Kubah 99 Makassar 

3. Sempat dinyatakan mangkrak

Sempat Mangkrak, Masjid 99 Kubah di Makassar Akhirnya DiresmikanWarga bersantai menikmati suasana sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa (ngabuburit) di kawasan Masjid 99 Kubah, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (17/4/2021). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Masjid 99 Kubah dibangun pada 2017 di era pemerintahan Gubernur Syahrul Yasin Limpo. Namun masjid ini sempat terhenti pembangunannya saat Syahrul tak lagi menjabat sebagai gubernur.

Di era Nurdin Abdullah tepatnya pada 2019, proyek Masjid 99 Kubah masuk dalam audit BPKP. Selama dua tahun, progres pembangunan pun jalan di tempat karena tidak ada pembangunan fisik sama sekali.

Kemudian di era Andi Sudirman Sulaiman yakni pada 2021, pembangunan fisik masjid kembali berlangsung. Pemprov membenahi dan menyelesaikan semua area fungsional pemanfaatan masjid sebagai tempat ibadah, termasuk area parkir.

"Beliau memerintahkan untuk segera melanjutkan pembangunan ini karena tidak boleh mangkrak karena namanya rumah ibadah masjid dan alhamdulillah beliau yang memerintahkan juga penyelesaian dan dia juga meresmikan pada hari ini," kata Darmawan.

Baca Juga: Masjid Kubah 99 Makassar Mulai Dibenahi Jelang Ramadan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya