Sandiaga Uno Dukung Karst Maros-Pangkep Masuk UNESCO Global Geopark

Sandiaga terpukau pada keindahan alam Rammang-Rammang Maros

Makassar, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berharap kawasan pegunungan karst Maros-Pangkep di Sulawesi Selatan, masuk UNESCO Global Geopark. Untuk itu, dia mendorong pembenahan di sejumlah hal.

Dalam kunjungannya ke Desa Wisata Rammang-Rammang di Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Kamis (17/6/2021), Sandi menyampaikan apa saja yang perlu dibenahi.

Pada kesempatan itu, Sandi mengecek langsung aspek desa digital. Menurutnya aspek tersebut masih perlu peningkatan di sisi penguatan sinyal, listrik, dan beberapa fasilitas seperti pengelolaan sampah.

"Sehingga nanti pas saat asesor UNESCO Global Geopark hadir di sini, mereka akan menemukan bahwa kampung karst Rammang-rammang ini layak menjadi destinasi UNESCO Global Geopark," ujar Sandi di hadapan warga.

1. Sandi minta kerja sama pemerintah setempat

Sandiaga Uno Dukung Karst Maros-Pangkep Masuk UNESCO Global GeoparkMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menandatangani prasasti Desa Wisata Rammang-rammang Wisata di Kabupaten Maros, Sulsel, Kamis (17/6/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Menurut Sandi, wisata alam dan budaya di Geopark Maros-Pangkep sudah sangat luar biasa. Hanya perlu dipoles lagi dengan membenahi masalah-masalah klasik seperti sinyal, listrik dan sampah. 

Karenanya, dia meminta kerja sama Pemerintah Kabupaten Maros maupun Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk menuntaskan masalah tersebut jika ingin menjadikan Geopark Maros-Pangkep diakui UNESCO. Apalagi tim asesor rencananya datang pada Juli 2021 mendatang.

"Asesmen dari UNESCO akan berpusat pada tiga yaitu lingkungan, budaya, dan sosial," kata Sandi. "Jadi ini yang harus kita buatkan sehingga nanti seperti Belitung tahun lalu yang langsung mendapatkan status UNESCO Global Geopark, Kampung Karst Rammang-rammang Maros Pangkep ini juga bisa mendapatkan status UNESCO."

2. Geopark Maros-Pangkep diajukan ke UNESCO sejak tahun lalu

Sandiaga Uno Dukung Karst Maros-Pangkep Masuk UNESCO Global GeoparkPegunungan karst di Desa Wisata Rammang-rammang Kabupaten Maros Sulsel, Kamis (17/6/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO pada 2020 lalu telah mengajukan secara resmi Geopark Nasional Maros-Pangkep sebagai kandidat Global Geopark Indonesia. 
 
Pengajuan dialamatkan kepada Sekretariat UNESCO di Paris seperti tertuang dalam surat 66600/A6/KS/2020 ditandatangi Executive Chairman for Indonesia Nasional Commision for UNESCO Prof Arief Rachman.
 
Sebelumnya, Geopark Ramang Ramang telah ditetapkan sebagai Geopark Nasional pada November 2017.

"Desa wisata ini menjadi andalan kita, menjadi unggulan kita dan kampung karst Rammang-rammang di Desa Salenrang ini akan segera didaftarkan menjadi UNESCO Global Geopark, mohon dukungan semua," katanya.

3. Plt Gubernur Sulsel sambut baik dukungan Menparekraf

Sandiaga Uno Dukung Karst Maros-Pangkep Masuk UNESCO Global GeoparkPlt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman bersama Menparekraf Sandiaga Uno di Desa Wisata Rammang-rammang Maros, Kamis (17/6/2021). Humas Pemprov Sulsel

Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyambut baik dukungan dari Menparekraf untuk asesmen dari UNESCO

"Harapan kita mudah-mudahan satu kali asesmen bisa langsung lulus dan ditetapkan sebagai geopark global untuk Rammang-rammang ini," kata Sudirman.

Menurut Sudirman, Geopark Maros-Pangkep memang membutuhkan sentuhan sehingga lebih menarik perhatian wisatawan mancanegara. Sebab meskipun baik jika kurang diekspos akan sedikit juga wisatawan berkunjung.

"Itu saja harapan kami mudah-mudahan ke depan kita bisa bersinergi. Dengan bersinergi insyaallah ini bisa kita kembangkan menjadi memegang dunia, dan ini salah satu hasil karst kedua terbaik selain daripada Cina," katanya.

Baca Juga: Waduh! Panggung Sandiaga Uno Runtuh saat Sambutan di Rammang-Rammang

4. Geopark Maros-Pangkep punya banyak spot menarik

Sandiaga Uno Dukung Karst Maros-Pangkep Masuk UNESCO Global GeoparkPintu masuk Desa Wisata Rammang-rammang di Kabupaten Maros, Sulsel, Kamis (17/6/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Geopark Maros-Pangkep memiliki luas 5.077.25 km2 dengan persentase luas daratan sebesar 44,6 persen dan lautan 55,4 persen dengan panjang garis pantai 88,5 km. Kawasan ini dihuni 665.000 jiwa bersuku Bugis dan Makassar. 

Selain itu, Geopark ini diatapi oleh puncak Gunung Bulusaraung (1300 mdpl) sebagai jalur pendakian petualangan. Pegunungan kapurnya atau karst merupakan yang terbesar kedua di dunia.

Di dalamnya terdapat sangat banyak spot wisata air terjun dan lanskap yang indah. Di antaranya TWA Bantimurung, Air terjun Lengang, Kawasan Pattunuang, Air Terjun Lacolla serta 400 lebih gua dengan ornamen yang mempesona dengan proses pembentukan selama jutaan tahun. 

Gua-gua tersebut diperkuat dengan peninggalan manusia prasejarah sebagai warisan budaya berupa Lukisan Dinding Gua Tertua di Dunia dengan umur 45.000 tahun.

Baca Juga: Sandiaga Uno Terpukau Keindahan Desa Wisata Rammang-Rammang Maros

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya