Comscore Tracker

Rumah Rusak Akibat Gempa di Selayar Dapat Bantuan Total Rp8 Miliar

Sudirman Sulaiman ingatkan pemda akuntabel salurkan bantuan

Makassar, IDN Times - Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyerahkan bantuan uang tunai Rp8 miliar untuk pemulihan rumah warga yang rusak terdampak gempa di Kabupaten Selayar.

Bantuan itu diserahkan Sudirman saat mengunjungi daerah terdampak gempa di Pulau Bonerate, Kecamatan Pasimarannu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Minggu (19/12/2021).

Sudirman berharap bantuan tersebut dapat digunakan untuk upaya pemulihan dan kedaruratan kepada korban terdampak gempa. 

"Juga kita harap Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dapat melakukan sistem penganggaran yang betul-betul dibutuhkan oleh masyarakat serta dapat dipertanggungjawabkan secara tepat dan akuntabel," kata Sudirman.

1. Empat kecamatan terdampak di Selayar

Rumah Rusak Akibat Gempa di Selayar Dapat Bantuan Total Rp8 MiliarWarga Pulau Bonerate Selayar saat dikunjungi Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Minggu (19/12/2021). Humas Pemprov Sulsel

Pada 14 Desember 2021 lalu, gempa magnitudo 7,4 yang menggucang Laut Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Getaran gempa terasa di beberapa daerah di Sulawesi Selatan di mana Selayar menjadi daerah terdampak paling parah.

Gempa mengakibatkan ratusan rumah rusak, rumah ibadah, sekolah dan infrastruktur lainnya. Ada empat kecamatan yang terdampak gempa tersebut yakni, Kecamatan Takabonerate, Kecamatan Pasilambena, Kecamatan Pasimarannu, dan Kecamatan Passimasunggu.

2. Ratusan rumah rusak akibat gempa

Rumah Rusak Akibat Gempa di Selayar Dapat Bantuan Total Rp8 MiliarWarga memotret rumah yang roboh akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 7,5 di Desa Lambego, Kecamatan Pasimarannu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Kamis (16/12/2021). Basarnas Sulawesi Selatan mencatat sekitar 850 jiwa dari empat desa yaitu Desa Lambego, Lamantu, Majapahit dan Desa Lagundi Pasimarannu, Kabupaten Kepulauan Selayar mengungsi akibat gempa bumi yang terjadi pada Selasa (14/12/2021). ANTARA FOTO/HO/BASARNAS

Pulau Bonerate di Kecamatan Pasimarannu menjadi lokasi terdampak paling parah. Camat Pasimarannu, Samsil, melaporkan kondisi terakhir pasca bencana gempa yang terdampak di wilayah kecamatannya. 

Data kerusakan akibat gempa di Kecamatan Pasimarannu sebanyak 768 rumah. Diantaranya 203 rusak berat dan 565 rusak ringan. 

"Bangunan fasilitas pemerintah yang rusak, antara lain dermaga besar pelabuhan dan dermaga tambatan perahu di lambego. Untuk sarana unum yang rusak, yakni masjid raya dan sekolah," kata Samsil.

3. Warga terharu dikunjungi pejabat

Rumah Rusak Akibat Gempa di Selayar Dapat Bantuan Total Rp8 MiliarIlustrasi Gempa (IDN Times/Sukma Shakti)

Warga di Pulau Bonerate merasa senang dan terharu atas kehadiran Sudirman beserta rombongan. Samsil mengaku wilayahnya sangat jarang dikunjungi oleh pejabat pemerintahan dari Provinsi Sulawesi Selatan. 

Di Kecamatan Pasimarannu, ada delapan Desa di mana 6 Desa berada di Pulau Bonerate. Lokasi Pulau Bonerate terbilang jauh dari Kota Benteng Selayar. Jika menggunakan kapal kayu, harus menempuh perjalanan laut selama setengah hari atau 11-12 jam.

"Harapan kami mudah-mudahan masyarakat bisa mendapat bantuan untuk membangun kembali rumahnya yang roboh akibat gempa. Kita juga harap Pemerintah daerah (Selayar) memaksimalkan bantuan untuk masyarakat," katanya.

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya