Ribuan Pelari Ramaikan Bank Jateng Friendship Run di Makassar

Start dan finish di depan Monumen Mandala

Makassar, IDN Times - Sekitar 1.000 peserta mengikuti gelaran Bank Jateng Friendship Run di Kota Makassar, pada Minggu (20/8/2023) pagi. Gelaran ini mengambil start dan finish di depan Monumen Mandala, Jalan Jenderal Sudirman.

Bank Jateng Friendship Run Makassar menempuh rute dari Monumen Mandala ke Jalan Jenderal Sudirman, Jalan H Bau, lalu berbelok ke Jalan Somba Opu. Kemudian terus ke Jalan Penghibur, sebelum masuk kembali ke Jalan Jenderal Sudirman dan finish di Monumen Mandala.

Kegiatan ini juga dimeriahkan penampilan kreativitas pelari dalam Best Costume serta interactive installation oleh seniman lokal.

1. Makassar jadi kota ketujuh yang disambangi

Ribuan Pelari Ramaikan Bank Jateng Friendship Run di MakassarWali Kota Makassar memberi sambutan di kegiatan Bank Jateng Friendship Run di Makassar. Dok. IDN Times/Istimewa

Makassar merupakan kota ketujuh atau kota kedua di luar Pulau Jawa yang disambangi Bank Jateng Friendship Run. Sebelumnya, Bank Jateng Friendship Run menyambangi Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Denpasar. 

Kegiatan dari kota ke kota ini menjadi pemanasan dari Borobudur Marathon Powered by Bank Jateng yang akan digelar pada 19 November 2023 mendatang. Hal ini bertujuan menularkan semangat ke 10 kota besar di Tanah Air. 

Karena merupakan bagian dari Borobudur Marathon maka Bank Jateng Friendship Run mengusung konsep sport tourism. Kesempatan ini juga digunakan oleh Kota Makassar untuk mengenalkan ikon-ikon kotanya seperti Monumen Mandala, Benteng Rotterdam dan sebaginya.

2. Dihadiri oleh Wali Kota Makassar

Ribuan Pelari Ramaikan Bank Jateng Friendship Run di MakassarWali Kota Makassar memberi sambutan di kegiatan Bank Jateng Friendship Run di Makassar. Dok. IDN Times/Istimewa

Pada flag off atau pelepasan peserta di depan Monumen Mandala, dihadiri Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel Suherman serta Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Makassar Andi Pattiware.

Danny mengaku antusias menghadiri olahraga kegiatan lari yang mulai digemari masyarakat. Dia juga menyampaikan terima kasih kepada penyelenggara karena berkontribusi dan memfasilitasi menyehatkan masyarakat.

"Terima kasih karena sudah memfasilitasi para pelari menyalurkan hobi yang menyehatkan ini," kata Danny.

Baca Juga: Bendera Bunga Rampai Meriahkan HUT RI di Pantai Losari Makassar

3. Dispora Makassar apresiasi event lari

Ribuan Pelari Ramaikan Bank Jateng Friendship Run di MakassarWali Kota Makassar, Danny Pomanto ramaikan kegiatan Bank Jateng Friendship Run di Makassar. Dok. IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Makassar Andi Pattiware mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi pagelaran bagi para pelari ini. Dia mengaku bersyukur karena banyak pihak mulai berpartisipasi dalam event-event olahraga terutama yang diperuntukkan bagi masyarakat.

Hal itu, jelas dia, sejalan dengan program-program Pemkot Makassar khususnya Dispora bahwa olahraga hadir di tengah-tengah masyarakat untuk menjadi solusi dan gaya hidup masyarakat.

"Minat olahraga lari di Makassar begitu besar, baik dari komunitas maupun perseorangan sehingga secara tidak langsung Bank Jateng Friendship Run turut andil meningkatkan kualitas olahraga di Makassar," katanya.

Baca Juga: Bank Jateng Friendship Run di Makassar, Ganjar : Ini Yang Paling Ramai

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya