Bank Jateng Friendship Run di Makassar, Ganjar : Ini Yang Paling Ramai

Diikuti lebih dari 900 peserta

Makassar, IDN Times - Bank Jateng Friendship Run Borobudur Marathon 2022 hadir di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (9/10/2022) pagi. Kegiatan yang dipusatkan di Benteng Rotterdam itu dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

Lebih dari 900 orang mengikuti kegiatan yang mengusung tema 'Stronger to Victory' tersebut. Melihat hal ini, Ganjar pun mengaku senang dengan antusiasme warga Makassar dalam menyambut gelaran tersebut. Menurutnya, antusiasme warga Makassar sangat luar biasa.

Sebagai informasi, Makassar merupakan kota keempat sekaligus kota terakhir yang menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Bank Jateng Friendship Run Borobudur Marathon 2022. Sebelumnya, acara pra-Borobudur Marathon itu telah singgah di Semarang, Jakarta dan Medan. 

"Friendship run mulai dari Semarang, Jakarta, Medan, Makassar, puncaknya kami ambil di Makassar. Ini road to Borobudur Run mudah-mudahan semua bisa hadir. Ternyata ini yang paling ramai," ujar Ganjar kepada wartawan.

1. Peserta melintasi rute sepanjang 5 km

Bank Jateng Friendship Run di Makassar, Ganjar : Ini Yang Paling RamaiSalah satu peserta Bank Jateng Friendship Run di Benteng Rotterdam Makassar, Minggu (9/10/2022). Dok. Bank Jateng

Bank Jateng Friendship Run ini menghadirkan perpaduan budaya melalui tarian Soreng khas Magelang dan Tarian Tongkoba khas Sulawesi Selatan sebagai pembuka. 

Flag off dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, Walikota Makassar Mochammad Ramdhan Pomanto, Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, serta Pemimpin Redaksi Harian Kompas Sutta Dharmasaputra.

Bank Jateng Friendship Run start dan finish di Benteng Rotterdam dengan rute sepanjang 5 kilometer. Rute dimulai dari Benteng Roterdam, ke Ahmad Yani, Sudirman, Arief Rate, Yosep Latumahina, Sombaopu, Penghibur, Ujungpandang dan finish kembali di Benteng Roterdam. 

Para peserta yang telah mendaftar mendapatkan Jersey, BIB, dan kupon pawone. Kemudian, peserta yang berhasil menembus garis finish dengan cut off time 75 menit mendapatkan syal penamal. 

"Saya senang kali Bank Jateng Frienship Run ini suasana persahabatannya sangat terasa. Saya berterima kasih, Makassar ini peserta terbanyak dari 3 kota sebelumnya," kata Ganjar.

2. Ganjar berterima kasih pada Pemda setempat

Bank Jateng Friendship Run di Makassar, Ganjar : Ini Yang Paling RamaiGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan sambutan pada Bank Jateng Friendship Run di Benteng Rotterdam Makassar, Minggu (9/10/2022). Dok. Bank Jateng

Ganjar pun menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, dan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto karena telah memfasilitasi kegiatan Bank Jateng Friendship Run Borobudur Marathon 2022 dengan baik. 

"Masyarakat Makassar, Pemkot Makassar, ada juga Pak Gubernur Sulawesi Selatan tadi ikut semuanya. Dan tentu sambutan ini luar biasa," katanya.

Dia juga mengaku terharu lantaran ada seorang peserta yang rupanya mengikuti seluruh rangkaian Bank Jateng Friendship Run ini di semua kota. 

"Jadi betapa friendship run itu betul-betul lari dengan suasana penuh persahabatan. Mudah-mudahan ini yang bikin kita semua menjadi sehat, menjadi lebih kuat lagi dan kita bisa bergaul dengan para pelari, masyarakat, dan semuanya sehat," katanya. 

3. Rangkaian promosi Borobudur Marathon

Bank Jateng Friendship Run di Makassar, Ganjar : Ini Yang Paling RamaiPeserta bersiap berlari pada Bank Jateng Friendship Run di Benteng Rotterdam Makassar, Minggu (9/10/2022). Dok. Bank Jateng

Bank Jateng Friendship Run merupakan rangkaian dari promosi Borobudur Marathon yang akan digelar pada 12-13 November 2022 mendatang.

Ganjar mengatakan, peserta untuk kegiatan Borobudur Marathon lebih dibatasi. Karena itu dia banyak menerima pertanyaan dari peserta yang telah mendaftar namun belum mendapat tiketnya.

"Lalu kenapa kita buat friendship run ini agar bisa menampung mereka-mereka yang tidak dapat. Jadi kita akan batasi memang. Ada yang elit run, maraton, nanti kita atur," katanya.

4. Walkot Makassar akal warganya ramaikan Borobudur Marathon

Bank Jateng Friendship Run di Makassar, Ganjar : Ini Yang Paling RamaiPelepasan peserta lari Bank Jateng Friendship Run di Benteng Rotterdam Makassar, Minggu (9/10/2022). Dok. Bank Jateng

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengaku bangga Makassar dipilih sebagai kota terakhir untuk Bank Jateng Friendship Run. Karena itu, dia mengajak para pelari Makassar untuk meramaikan event Borobudur Marathon nanti. 

“Terhormat rasanya Makassar menjadi persinggahan terakhir menuju Borobudur Marathon powered Bank Jateng, jadi saya menghimbau semua runners Makassar, kita ramai-ramai ke Borobudur Marathon 2022," katanya.

Danny juga tak lupa memberi semangat kepada para pelari. Dia memberikan semangat melalui sebuah pepatah.

“Ada pepatah olahraga yang mengatakan prestasi mutlak, persahabatan abadi,” katanya.

Baca Juga: Relawan Mak Ganjar Zikir Doakan Ganjar Pranowo Jadi Presiden

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya