Bendera Bunga Rampai Meriahkan HUT RI di Pantai Losari Makassar

Bendera merah-putih terbentang dari anjungan hingga ke laut

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, di Anjungan Pantai Losari, Kamis (17/8/2023).

Upacara pengibaran bendera merah-putih di Anjungan City of Makassar dimeriahkan pembentangan bendera bunga rampai hingga ke laut. Itu sesuai tema yang diusung Pemkot Makassar pada upacara tahun ini, yakni "Bunga Rampai Kemerdekaan dari Makassar untuk Indonesia".

Pada momentum 17 Agustus, Wali Kota Makassar M. Ramdhan Pomanto menitipkan pesan kepada generasi muda agar ikut serta membuat perubahan kebaikan dalam setiap langkah dan tindakan. 

“Kobarkan semangat perjuangan, mari kita terus satukan langkah, memaksimalkan potensi diri, menumbuhkan rasa kebangsaan, sebagai wujud dedikasi untuk Tanah Air Indonesia dan seluruh elemen bangsa, saling bersinergi, agar Indonesia Jaya selalu,” kata Danny -sapaan Ramdhan Pomanto.

Baca Juga: RSUD Daya makassar Lolos Akreditasi RS Bintang Lima

1. Makna pembentangan bendera bunga rampai

Bendera Bunga Rampai Meriahkan HUT RI di Pantai Losari MakassarPembentangan bendera berkonsep bunga rampai di Anjugan Pantai Losari Makassar, Kamis (17/8/2023), untuk memeriahkan upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia. (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Pada rangkaian upacara HUT ke-78 RI, Pemkot Makassar membentangkan bendera merah-putih menyerupai bentuk bunga rampai. Bendera dibentangkan dari anjungan hingga ke laut.

Di anjungan, dibentangkan 78 bendera masing-masing sepanjang 35 meter membentuk jalinan akar. Bendera dihubungkan dengan bentangan dua bendera sepanjang 78 di laut yang digambarkan sebagai batang, dan terjalin dengan rangkaian bendera berupa lima bunga.

Danny Pomanto mengatakan konsep pembentangan bendera tersebut mengusung makna mendalam. Jalinan bendera berbentuk akar menggambarkan akar perjuangan para pahlawan bangsa selama 78 tahun Indonesia merdeka. Sedangkan lima bunga di laut menggambarkan Pancasila.

“Kami segenap Pemerintah Kota Makassar memperingati momen bersejarah. Harus bermakna dan sejalan dengan pusat yang terus merefleksikan semangat Bangsa Indonesia, untuk terus melanjutkan pembangunan dan berkolaborasi bersama," ujar Danny.

 

2. Upacara dihadiri ribuan orang

Bendera Bunga Rampai Meriahkan HUT RI di Pantai Losari MakassarMasyarakat memeriahkan upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia di Anjungan Pantai Losari Makassar, Kamis (17/8/2023). (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Upacara HUT ke-78 RI di Anjungan Pantai Losari berlangsung meriah. Ribuan memadati lokasi mengikuti jalannya upacara dan pembentangan bendera di laut.

Hadiri terdiri dari jajaran pejabat dan aparatur Pemerintah Kota Makassar, pimpinan dan anggota DPRD Makassar, hingga forum komunikasi dan pimpinan daerah (forkopimda) lainnya. Tak ketinggalan, mantan wali kota Makassar dan sekda kota Makassar.

3. Danny paparkan berbagai program strategis Kota Makassar

Bendera Bunga Rampai Meriahkan HUT RI di Pantai Losari MakassarWali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto (kiri depan) menghadiri upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia di Anjungan Pantai Losari Makassar, Kamis (17/8/2023). (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Pada kesempatan itu pula, Danny Pomanto turut menyampaikan beberapa program strategis kota Makassar. Dia menyebut berbagai program yang ada menjadi jawaban terhadap aneka persoalan masyarakat.

Dia mencontohkan program Lorong Wisata yang memberdayakan perekonomian masyarakat lorong dan Jagai Anakta sebagai upaya pengawasan terhadap anak-anak.

"Saya juga menyampaikan kepada berbagai pihak yang hingga saat ini saling bahu membahu membangun Kota Makassar dengan tumbuh sangat baik. Sehingga menjadi percontohan dari berbagai daerah,” sebutnya.

Baca Juga: Siaga Merah Putih, Basarnas Makassar Pantau Pendaki Gunung Bawakaraeng

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya