Siaga Merah Putih, Basarnas Makassar Pantau Pendaki Gunung Bawakaraeng

Ribuan pendaki ramaikan Gunung Bawakaraeng pada 17 Agustus

Makassar, IDN Times - Kantor Basarnas Makassar mengerahkan personelnya memantau pendaki di Gunung Bawakaraeng, jelang momen perayaan HUT Kemerdekaan 17 Agustus. Pemantauan digelar melalui kegiatan Siaga Merah Putih.

Siaga Merah Putih merupakan kegiatan yang rutin digelar di Gunung Bawakaraeng setiap tahun. Diperkirakan ribuan pendaki memadati kawasan Gunung Bawakaraeng pada momen 17 Agustus

"Bersama dengan puluhan potensi SAR yang ikut terlibat dalam kegiatan Siaga Merah Putih ini, diharapkan para pendaki-pendaki yang hendak melaksanakan upacara 17 Agustus dapat terpantau," ujar Mexianus Bekabel, Kepala Kantor Basarnas Makassar, dalam keterangannya, Selasa (15/8/2023).

Baca Juga: Basarnas Evakuasi Pendaki Cidera dari Gunung Bawakaraeng

1. Tim rescuer siap menolong jika pendaki mengalami masalah

Siaga Merah Putih, Basarnas Makassar Pantau Pendaki Gunung BawakaraengTim SAR gabungan mengevakuasi pendaki cidera dari Gunung Bawakaraeng, di Gowa, Sulawesi Selatan. (Dok. Basarnas Makassar)

Hingga Selasa, sudah 52 organisasi terdaftar di Basarnas Makassar. Dimana mereka akan berpartisipasi dalam pelaksanaan siaga merah putih di Gunung Bawakaraeng.

Mexianus menjelaskan bahwa tim rescuer siap untuk memberikan pertolongan ataupun melakukan evakuasi ketika pendaki mengalami masalah saat melakukan pendakian.

"Kita sudah membuka posko yang berada di Lembanna, sebagai akses untuk menerima dan mengirim informasi. Tapi, kami sangat berharap bahwa tidak akan banyak kejadian yang mengkhawatirkan dalam kegiatan siaga khusus merah putih kali ini," ucap Mexianus.

2. Tahun lalu dua ribu orang rayakan HUT RI di Gunung Bawakaraeng

Siaga Merah Putih, Basarnas Makassar Pantau Pendaki Gunung BawakaraengKepala Kantor Basarnas Makassar Mexianus Bekabel. (Dok. Basarnas Makassar)

Pada tahun 2022, Basarnas Makassar mencatat 2.065 pendaki memadati kawasan Gunung Bawakaraeng untuk merayakan HUT RI. Mereka memadati kawasan jalur pendakian hingga puncak gunung serta lembah Ramma.

Setiap pendaki yang memasuki kawasan Gunung Bawakaraeng melalui desa Lembanna, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, akan didata. Pendataan untuk memudahkan identifikasi jika pendaki mengalami masalah di gunung.

3. Pendaki diminta perhatikan keamanan keselamatan

Siaga Merah Putih, Basarnas Makassar Pantau Pendaki Gunung BawakaraengProses evakuasi pendaki hipotermia di Gunung Bawakaraeng. IDN Times/Basarnas Makassar

Baru-baru ini Basarnas Makassar bersama tim SAR gabungan mengevakuasi pendaki  bermasalah dari Gunung Bawakaraeng. Pendaki itu mengalami gejala hipotermia di pos pendakian saat turun dari puncak gunung.

Mexianus mengingatkan para pendaki memperhatikan keselamatan dan keamanan diri saat beraktivitas di alam bebas. Hal-hal yang bisa memicu hipotermia bisa dicegah. 

"Atas kejadian ini tentu kami mengimbau agar para pendaki tetap memperhatikan keselamatan dalam hal melakukan proses pendakian," katanya.

Baca Juga: Tim SAR Evakuasi Pendaki Hipotermia di Gunung Bawakaraeng

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya