Ribuan Orang Berkerumun di Peluncuran Satgas Detektor COVID Makassar

Pejabat Pemkot, DPRD, Polisi juga ikut meramaikan kerumunan

Makassar, IDN Times - Peluncuran Satgas Detektor COVID-19 yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar di Lapangan Karebosi pada Jumat (2/7/2021) diwarnai kerumunan.

Berdasarkan pantauan IDN Times di lokasi, kegiatan itu dihadiri ribuan orang yang didominasi tim Detektor dan relawan. Selain itu, sejumlah pejabat mulai dari Wali Kota Makassar, Ketua DPRD Makassar, Kapolrestabes Makassar, Dandim Makassar, Kajari Makassar dan unsur Forkopimda lainnya juga hadir di lokasi.

Acara peluncuran dipusatkan di lapangan terbuka. Para Detektor duduk di kursi yang telah disediakan. Sementara para pejabat berdiri di atas panggung.

1. Berkerumun di tribun karena berteduh

Ribuan Orang Berkerumun di Peluncuran Satgas Detektor COVID MakassarPemkot Makassar meluncurkan Satgas Detektor COVID-19 di Lapangan Karebosi, Jumat (2/7/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Awalnya, kegiatan peluncuran tersebut berjalan tertib saat Wali Kota Makassar Moh Ramdhan "Danny" Pomanto memberikan sambutannya. Sesekali, hadirin memberikan tepuk tangan.

Namun kerumunan mulai terjadi saat hujan mengguyur. Para petugas yang baru dilperkenalkan itu langsung berlarian mencari tempat berlindung di tribun lapangan.

Karena massa terpusat di bawah tribun, maka kerumunan tak dapat dihindari. Kerumunan baru berkurang saat massa mulai meninggalkan tribun Lapangan Karebosi seiring dengan redanya hujan.

2. Kontras dengan upaya pencegahan COVID-19

Ribuan Orang Berkerumun di Peluncuran Satgas Detektor COVID MakassarPemkot Makassar meluncurkan Satgas Detektor di Lapangan Karebosi, Jumat (2/7/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Kerumunan ini sangat kontras dengan upaya penanganan COVID-19 di mana berkerumun dianggap melanggar protokol kesehatan. Selama ini, pemkot selalu berkoar-koar supaya masyarakat menjaga jarak dan tidak berkerumun demi menghindari penularan COVID-19.

Di sisi lain, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto juga menargetkan Makassar menjadi daerah zona hijau dengan pembentukan tiga Satgas termasuk Satgas Detektor COVID-19.

"Target kita zona hijau. Kita tentunya punya namanya target pesimis dan target optimis. Pesimisnya adalah di Desember. Optimisnya berada di sekitar Oktober," kata Danny.

Baca Juga: Satgas Raika Makassar Sita Ribuan Aset Tempat Usaha Pelanggar PPKM

3. Detektor akan menskrining warga dari rumah ke rumah

Ribuan Orang Berkerumun di Peluncuran Satgas Detektor COVID MakassarPemkot Makassar meluncurkan Satgas Detektor COVID-19 di Lapangan Karebosi, Jumat (2/7/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Adapun Satgas Detektor COVID-19 Makassar akan akan mulai bertugas pekan depan. Mereka akan mendatangi rumah warga satu persatu untuk memeriksa kesehatan warga.

Setidaknya, warga akan menjalani empat lapis pemeriksaan yaitu mengukur saturasi, tekanan darah, suhu tubuh dan skrining dengan alat GeNose.

"Insyaallah minggu depan sudah mulai turun serentak. Jadi semua kesiapan kita tes besok. Kita lihat Senin atau Selasa serentak semua turun," kata Danny.

Baca Juga: Pemkot Makassar Luncurkan Satgas Detektor COVID-19, Disebar di 5000 RT

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya