Resmikan Masjid 99 Kubah, Sudirman: Tak Boleh Ada Aktivitas Politik

Masjid harus digunakan sesuai fungsinya

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, telah meresmikan Masjid Kubah 99 Asmaul Husna di Kawasan Center Point of Indonesia, Makassar, Ahad (20/8/2023). Peresmian ini ditandai penandatanganan prasasti.

Dalam kesempatan ini, Sudirman menegaskan supaya tidak ada aktivitas politik di dalam masjid, termasuk masjid tersebut. Dia menegaskan bahwa masjid merupakan rumah ibadah di mana tidak boleh ada kepentingan lain selain beribadah.

"Di sini tidak bisa afiliasi politik dalam kegiatan. Sebenarnya di masjid mana saja.  Cuma di sini lebih ditekankan lagi bahwa indikasi politik untuk tidak masuk ke masjid ini karena masjid ini kan untuk beribadah, tidak ada perbedaan. Kita sama-samalah," kata Sudirman.

1. Bakal jadi tempat penyiaran Islam

Resmikan Masjid  99 Kubah, Sudirman: Tak Boleh Ada Aktivitas PolitikSejumlah warga menikmati suasana sore sambil menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit di kawasan Masjid 99 kubah, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (5/4/2022). Kawasan tersebut menjadi salah satu lokasi favorit warga saat bulan Ramadhan untuk menunggu waktu berbuka puasa. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/hp.

Sudirman menyatakan bahwa Masjid Kubah 99 Asmaul Husna itu harus dimanfaatkan sebagaimana fungsinya yakni sebagai tempat tempat beribadah umat muslim. Selain salat, masjid ini akan dimanfaatkan sebagai pusat penyiaran agama Islam.

"Memperdalam syiar termasuk Alquran, hadis, fikih, apa saja ada, termasuk penghapal Alquran," katanya.

2. Tidak terikat dengan pihak mana pun

Resmikan Masjid  99 Kubah, Sudirman: Tak Boleh Ada Aktivitas PolitikUmat Islam melaksanakan ibadah Shalat Tarawih pertama di Masjid 99 Kubah, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (2/4/2022). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Sudirman juga menyatakan bahwa Masjid Kubah 99 Asmaul Husna tidak terikat dengan pihak mana pun. Masjid ini harus dijauhkan dari aktivitas lain di luar beribadah sehingga tidak ada kepentingan lain.

"Kita tegaskan, bahwa rumah ibadah ini tidak terikat afiliasi kepentingan dan kelompok organisasi manapun, murni terbuka umum yang ingin melaksanakan kegiatan ibadah, zikir serta amalan-amalan lainnya," katanya.

Baca Juga: Masjid Kubah 99 Makassar Mulai Dibenahi Jelang Ramadan

3. Dimanfaatkan sejak 2022

Resmikan Masjid  99 Kubah, Sudirman: Tak Boleh Ada Aktivitas PolitikUmat Islam melaksanakan ibadah Shalat Tarawih pertama di Masjid 99 Kubah, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (2/4/2022). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Masjid ini memang telah difungsikan sejak tahun 12 Maret  2022 lalu walau belum sepenuhnya rampung. Sudirman mengatakan masjid ini kini diresmikan karena pembangunannya telah rampung. 

"Diresmikan karena alhamdulilah sudah selesai semua bagian yang kita bangun dan kubahnya sudah 99. Kalau kemarin-kemarin kan kubahnya masih banyak sana sini bocor. Kita sudah selesaikan semua termasuk pelatarannya," kata Sudirman.

Baca Juga: Sempat Mangkrak, Masjid 99 Kubah di Makassar Akhirnya Diresmikan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya