Puluhan Mahasiswa Sulsel dari Arab Saudi Tiba di Makassar

Langsung dikarantina di hotel

Makassar, IDN Times - Sebanyak 42 mahasiswa asal Sulawesi Selatan (Sulsel) yang datang dari Arab Saudi telah tiba di Makassar, Minggu (10/5). Meski semua dipastikan dalam kondisi sehat, namun mereka tetap harus menjalani protokol isolasi.

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Ichsan Mustari, membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan semua mahasiswa dari Arab Saudi ini akan menjalani isolasi selama 14 hari di hotel yang telah disediakan Pemprov Sulsel.

"Sudah tiba tadi. Mereka itu 42 orang yang datang. Ada 3 orang yang merupakan orang Sulbar, maka dia langsung dijemput gugus tugasnya untuk pulang ke Sulbar. Sisanya yang 39 orang ini masuk di Hotel Harper," kata Ichsan saat dikonfirmasi IDN Times, Minggu (10/5).

1. Mahasiswa sempat diisolasi di Jakarta sebelum dipulangkan ke Sulsel

Puluhan Mahasiswa Sulsel dari Arab Saudi Tiba di MakassarIlustrasi ruang isolasi M. Faiz Syafar

Sebelum akhirnya tiba di Makassar, para mahasiswa ini telah menjalani isolasi selama beberapa hari di Jakarta. Mereka juga telah melakukan rapid test begitu tiba di Bandara Soekarno Hatta. 

Setelah menjalani rapid test yang merupakan protokol tetap dalam proses kedatangan maupun keberangkatan, para mahasiswa yang hasil rapid test-nya reaktif negatif langsung dibawa ke mes-mes perwakilan Pemprov Sulsel di sana. Sedangkan yang hasil rapid test-nya reaktif positif dibawa ke Wisma Atlet.

"Mereka sebenarnya 44 orang di-rapid tapi 1 yang positif sehingga yang 1 ini sementara diisolasi di Wisma Atlet. Yang 43 ini ditangani di mes pemda Pemprov Sulsel. Jadi yang pulang ini adalah yang rapidnya negaitf," Ichsan menerangkan.

2. Mahasiswa menjalani pengecekan kesehatan lagi sebelum ke Makassar

Puluhan Mahasiswa Sulsel dari Arab Saudi Tiba di MakassarDok.IDN Times/Istimewa

Terkait kedatangan puluhan mahasiswa ini, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kota Makassar, Darmawalli Handoko, mengatakan bahwa para mahasiswa ini telah menjalani pengecekan kesehatan kembali di Bandara Soekarno-Hatta sebelum berangkat ke Makassar.

"Mereka dari Bandara Soetta, sudah dicek sebelum keberangkatan di Bandara Hasanuddin. Mengecek ulang data kesehatan, dan setelah tidak ada masalah akan dilanjutkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi," katanya.

Baca Juga: Pulang dari Arab Saudi, Mahasiswa Sulsel Dikarantina di Jakarta

3. Mahasiswa dipulangkan secara bertahap

Puluhan Mahasiswa Sulsel dari Arab Saudi Tiba di Makassar(WNI dipulangkan dari Bandara di Bangkok) Dokumentasi KBRI Bangkok

Mahasiswa yang tiba hari ini hanya sebagian dari total 134 mahasiswa Sulsel yang akan dipulangkan dari Arab Saudi. Kepala Badan Penghubung Daerah Sulsel, Ezra Silalahi, mengatakan bahwa mahasiswa ini datang secara bertahap.

Rombongan pertama tiba di Jakarta pada Sabtu 2 Mei lalu dan rombongan kedua pada Rabu 5 Mei. Sementara rombongan selanjutnya dijadwalkan tiba pada 17 Mei mendatang. 

"Rombongan berikutnya Insya Allah tanggal 17 Mei. Belum tahu take off dari Saudi atau tibanya di Jakarta," kata Ezra.

Baca Juga: Ratusan Mahasiswa Sulsel di Arab Saudi akan Dipulangkan 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya