Pulang dari Arab Saudi, Mahasiswa Sulsel Dikarantina di Jakarta

134 mahasiswa akan ditempatkan di mes-mes milik pemda

Makassar, IDN Times - Sebanyak 134 mahasiswa Sulawesi Selatan (Sulsel) yang dipulangkan dari Arab Saudi akan tiba di Indonesia. Sejauh ini, sebagian dari mereka sudah tiba di Jakarta. 

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyatakan bahwa mahasiswa yang tiba dari Arab Saudi ini telah menjalani rapid test di Bandara Sokerno-Hatta. Selanjutnya mereka akan diisolasi di Jakarta.

"Mereka ini bukan orang yang positif tapi datang dari daerah yang terjangkit. Tentu kewaspadaan yang dilakukan adalah bagaimana mengisolasi mereka," kata Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Ichsan Mustari, Kamis (7/5).

1. Ditempatkan di mes-mes perwakilan pemprov

Pulang dari Arab Saudi, Mahasiswa Sulsel Dikarantina di JakartaM. Faiz Syafar

Ichsan mengatakan, hingga kini pihaknya terus berkoordinasi dengan Badan Penghubung Sulsel di Jakarta terkait bagaimana penanganan mahasiswa yang datang dari Arab Saudi, termasuk soal rapid test. Menurut dia, hal itu sudah menjadi prosedur di Indonesia dalam proses kedatangaan dan keberangkatan di bandara ataupun pelabuhan.

"Semua orang harus dirapid. Tentu dalam proses rapid test inilah harus proses skrining akan dilakukan. Jadi selanjutnya mereka ditempatkan di mes-mes perwakilan-perwakilan yang ada di Jakarta," kata Ichsan lagi.

2. Pemprov kirimkan bantuan untuk mahasiswa yang diisolasi di Jakarta

Pulang dari Arab Saudi, Mahasiswa Sulsel Dikarantina di Jakartailustrasi masker kain (IDN Times/Mela Hapsari)

Ichsan memastikan bahwa kebutuhan terkait pelaksanaan isolasi di Jakarta telah dikirim dari Pemprov Sulsel, seperti masker, vitamin, dan hand sanitizer. Selaku Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulsel, dia juga meminta IDI Jakarta untuk memantau isolasi mahasiswa tersebut.

"Jadi ada posko yang disiapkan di mes pemda itu yang akan memantau para mahasiswa dalam isolasinya. Mudah-mudahan tidak ada masalah tapi ini penting dipastikan dulu bahwa dia telah menjalani 14 hari isolasi kemudian akan pulang ke Makassar, tentu dalam kondisi sehat," katanya.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Berikan Bantuan Pangan ke Mahasiswa yang Tidak Mudik

3. Pemulangan dilakukan secara bertahap

Pulang dari Arab Saudi, Mahasiswa Sulsel Dikarantina di JakartaIlustrasi Secure Bag di Bandara Soekarno-Hatta (Dok. Istimewa)

Sementara itu, Kepala Badan Penghubung Daerah Ezra Silalahi menyebutkan mahasiswa yang datang dari Arab Saudi akan dikarantina di mes Pemprov Sulsel, mes Kabupaten Maros dan mes Kabupaten Gowa. Mahasiswa tersebut, kata dia, datang secara bertahap.

Rombongan pertama telah tiba pada Sabtu 2 Mei lalu sebanyak 2 orang. Selanjutnya rombongan kedua menyusul dan tiba pada Rabu 5 Mei sebanyak 48 orang. Sisanya dijadwalkan akan tiba pada Minggu 17 Mei mendatang. 

"Totalnya 134, berarti yang belum pulang ada 84 orang," katanya. 

Baca Juga: Ratusan Mahasiswa Sulsel di Arab Saudi akan Dipulangkan 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya