PSBB Gowa Dimulai Besok, 50 Ribu Paket Sembako Disalurkan ke Warga

Tiap paket berisi berbagai jenis bahan pangan

Gowa, IDN Times - Jelang penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Pemerintah Kabupaten Gowa menyalurkan paket sembako ke rumah-rumah warga. Sebanyak 50.000 paket sembako disiapkan bagi masyarakat kurang mampu dan terdampak virus corona atau COVID-19.

Kecamatan Barombong menjadi salah satu penerima jatah paket bantuan pangan pada Minggu (3/5). Tercatat ada 2.314 kepala keluarga (KK) yang tinggal di kecamatan ini. Pulhan ribu paket bantuan pangan ini menyasar dua kelurahan dan lima desa. 

"Masing-masing di Kelurahan Lembang Parang sebanyak 341 KK, Kelurahan Benteng Somba Opu 303 KK, Desa Kanjilo 463 KK, Desa Tamanyeleng 261 KK, Desa Tinggimae 315 KK, Desa Moncobalang 308 KK dan  Desa Biringala sebanyak 323 KK," kata Camat Barombong, Anwar Asru.

1. Tiap paket berisi berbagai jenis bahan pangan

PSBB Gowa Dimulai Besok, 50 Ribu Paket Sembako Disalurkan ke WargaPenyaluran paket sembako di Kabupaten Gowa, Minggu (3/5). Humas Pemkab Gowa

Pendistribusian paket ini, kata Anwar, dikawal oleh Tripika Kecamatan Barombong, Babinsa, Bhabinkamtibmas bersama pemerintah desa atau kelurahan agar pendistribusian berjalan lancar. 

"Dalam setiap paket sembako yang diberikan kepada masyarakat, berisi beras 10 kilogram, 1 rak telur, 1 kilogram gula pasir, 1 bal mi instan, 2 liter minyak goreng, 4 kaleng ikan sarden dan 2 kilogram terigu," lanjutnya.

2. Masyarakat diminta mematuhi aturan PSBB

PSBB Gowa Dimulai Besok, 50 Ribu Paket Sembako Disalurkan ke WargaPenyaluran paket sembako di Kabupaten Gowa, Minggu (3/5). Humas Pemkab Gowa

Sementara itu, Lurah Benteng Somba Opu, Andi Baso Ambarala menyebutkan saat ini pendistribusian paket untuk di wilayahnya sudah mencapai sekitar 85 KK dari 303 KK yang menerima. 

Dia pun berharap kepada masyarakat yang telah menerima bantuan sembako, untuk dapat mematuhi aturan PSBB selama 14 hari atau mulai 4 hingga 18 Mei mendatang.

"Alhamdulillah dengan adanya bantuan sembako ini, dapat mengurangi beban warga kami yang terdampak COVID-19. Apalagi yang memang selama ini belum mendapat bantuan rutin dari Kemensos," ujarnya.

Baca Juga: Sempat Ditunda, Gowa Mulai Terapkan PSBB Senin Depan

3. Disertakan tanda terima

PSBB Gowa Dimulai Besok, 50 Ribu Paket Sembako Disalurkan ke WargaPenyaluran paket sembako di Kabupaten Gowa, Minggu (3/5). Humas Pemkab Gowa

Kecamatan lainnya yang sementara melakukan pendistribusian adalah Kecamatan Somba Opu. Camat Somba Opu, Agussalim, menyebutkan pendistribusian sudah dilakukan sejak Kamis lalu. Kecamatan ini mendapatkan jatah 6.036 paket sembako.

Agar paket ini terdistribusi dengan baik dan untuk menghindari adanya penerima yang dobel, maka setiap penyerahan akan disertakan dengan tanda tangan bukti terima diri penerima dan petugas.

"Saat menyerahkan paket sembako kami juga meminta penerima bertanda tangan di berita acara. Supaya menghindari pemberian sembako dobel dan sekaligus sebagai komitmen warga mau patuh dalam aturan PSBB," kata Agus.

Baca Juga: Jelang PSBB, Warga Gowa yang Belum Dapat Bansos Segera Melapor

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya