Polisi Periksa Dua Saksi Kebakaran Pasar Sentral Makassar

Saksi melihat api muncul pertama kali

Makassar, IDN Times - Kepolisian Resor Pelabuhan Makassar masih menyelidiki peristiwa kebakaran Pasar Sentral. Sejauh ini, polisi baru memeriksa dua orang orang saksi terkait kasus tersebut.

Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Yudi Frianto, menyatakan pemeriksaan saksi telah berlangsung sejak kemarin malam. Kemungkinan besar, pemeriksaan saksi masih akan berlanjut hingga hari ini.

"Tadi malam sudah ada yang diperiksa saksi. Berlanjut hari ini pemeriksaan saksi-saksi. Olah TKP dari tadi pagi sekitar jam 2 sampai pagi ini, mungkin nanti olah TKP lagi karena sudah terang," kata AKBP Yudi, Rabu (28/12/2022).

1. Polisi tunggu hasil labfor

Polisi Periksa Dua Saksi Kebakaran Pasar Sentral MakassarKondisi setelah kebakaran di Pasar Sentral Makassar, Rabu (28/12/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Dua orang yang diperiksa sebagai saksi itu, kata Yudi, merupakan orang yang melihat api pertama kali muncul. Di sisi lain, Polres Pelabuhan juga masih menunggu hasil olah TKP dan laboratorium forensik.

"Untuk labfor, surat sudah kami kirimkan, tinggal kita tunggu dari Polda untuk hasil labfornya bagaimana," katanya.

Yudi menegaskan bahwa hasil labfor inilah yang nanti bisa menjawab penyebab kebakaran itu. Untuk saat ini, pihaknya enggan berandai-andai meskipun ada spekulasi bahwa kejadian ini disengaja mengingat kebakaran Pasar Sentral bukan yang pertama.

"Masih belum tahu. Dari hasil labfor nanti yang bisa memastikan," katanya.

2. Perumda Pasar serahkan penyelidikan ke polisi

Polisi Periksa Dua Saksi Kebakaran Pasar Sentral MakassarKondisi setelah kebakaran di Pasar Sentral Makassar, Rabu (28/12/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Direktur Utama Perumda Pasar Karya Makassar, Ichsan Abduh Hussein, juga meminta kepada publik agar tidak berspekulasi mengenai penyebab kebakaran ini. Dia menegaskan bahwa tidak ada unsur kesengajaan dalam peristiwa tersebut.

Ichsan menganggap bahwa ini murni kecelakaan. Untuk mengetahui penyebab kebakaran, pihaknya hanya menyerahkan hal ini kepada polisi.

"Jadi tidak ada dari pihak-pihak kami yang berpikir hal-hal yang seperti itu. Jadi tolong kita jangan berspekulasi dulu. Biarkan pihak kepolisian melakukan penyelidikan terhadap kejadian ini," katanya.

Baca Juga: Pasar Sentral di Makassar Terbakar, 931 Kios Berpotensi Ludes

3. Danny akan kumpulkan pedagang

Polisi Periksa Dua Saksi Kebakaran Pasar Sentral MakassarKondisi setelah kebakaran di Pasar Sentral Makassar, Rabu (28/12/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengatakan pihaknya telah menyiapkan solusi bagi para pedagang yang kiosnya hangus terbakar. Rencananya, Danny akan mengumpulkan seluruh pedagang yang yang kiosnya terbakar.

"Satu dua hari ini saya akan panggil semua pedagang untuk merumuskan. Saya selalu dalam keputusan seperti ini melibatkan mereka semua," ujarnya.

Danny mengaku akan membantu dengan pemberian bahan bangunan bagi pedagang yang ingin membangun kembali kiosnya. Hal tersebut diharapkan bisa meringankan beban bagi pedagang.

"Kita tadi cek di PU (Pekerjaan Umum), ada biaya yang bisa untuk peruntukan material, karena mereka sendiri yang bikin. Paling tidak meringankan bagi mereka," katanya.

Baca Juga: Polisi Selidiki Kebakaran Pasar Sentral Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya