Polisi Selidiki Kebakaran Pasar Sentral Makassar

Ada 931 kios di Blok B lokasi kebakaran Pasar Sentral

Makassar, IDN Times - Kepolisian Resor (Polres) Pelabuhan Makassar mencari tahu penyebab peristiwa kebakaran Pasar Sentral Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa malam (27/12/2022).

Kebakaran melanda deretan kios Blok B Selatan pelataran Pasar Sentral. Menurut catatan sementara Perusahaan Daerah (PD) Pasar Makassar Raya, setidaknya ada 931 kios di kawasan itu yang terbakar.

"Nanti kita lakukan penyelidikan," kata Kepala Polres Pelabuhan Makassar AKBP Yudi Frianto, Selasa malam.

Baca Juga: Pasar Sentral di Makassar Terbakar, 931 Kios Berpotensi Ludes

1. Tim labfor turun mengecek penyebab kebakaran

Polisi Selidiki Kebakaran Pasar Sentral MakassarIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Mardya Shakti)

Yudi mengatakan, tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polri bakal turun mengecek lokasi kebakaran. Mereka akan mengumpulkan informasi untuk mencari tahu penyebab kebakaran.

Usai kebakaran, beredar informasi bahwa kebakaran dipicu korsleting listrik, ada juga yang menyebut kejadian itu disengaja. Namun polisi enggan buru-buru menyimpulkan. Petugas telah memasang garis polisi di lokasi untuk kepentingan penyelidikan.

"Nanti saat Labfor datang baru kita tahu. Yang pasti kita lakukan penyelidikan, dari keterangan saksi dan olah TKP," ucap Kapolres Pelabuhan.

2. Sebanyak 931 kios di lokasi kebakaran

Polisi Selidiki Kebakaran Pasar Sentral MakassarSejumlah petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api saat terjadi kebakaran di Pasar Sentral, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (27/12/2022) malam. Abriawan Abhe

Sebelumnya Direktur Utama Perumda Pasar Karya Makassar, Ichsan Abduh Hussein, belum memastikan jumlah kios atau los yang ludes dilalap si jago merah. Namun dia menyebut ada sekitar 931 los di blok yang terbakar tersebut.

"Kalau data potensi kami untuk Blok B Selatan ini 931 los/kios. Bukan jumlah pedagang. Karena satu pedagang bukan cuma satu kios. Ada yang satu pedagang dua kios," kata Ichsan.

Ichsan menjelaskan bahwa pedagang yang berjualan di Blok B Selatan itu rata-rata merupakan pedagang tekstil seperti pakaian hingga gorden. Terkait kebakaran ini, dia mengaku menyerahkannya kepada pihak berwajib.

"Saya masih tunggu hasil penyelidikan dari pihak kepolisian. Saya akan koordinasi terus dengan pihak kepolisian, akan meng-update terus dan inshaallah saya akan jagai terus untuk mendapatkan informasi," kata dia.

3. Kebakaran terjadi saat petang

Polisi Selidiki Kebakaran Pasar Sentral MakassarDirektur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pasar Raya Makassar, Ichsan Abduh Hussein. IDN Times/Asrhawi Muin

Ichsan sendiri mengaku mendapatkan laporan perihal kebakaran ini sekitar pukul 19.02 WITA. Setelah menerima laporan itu, dia langsung meluncur ke lokasi kebakaran.

"Saya langsung koordinasi dengan pihak damkar, saya koordinasi dengan pihak Polres Pelabuhan. Terus, saya melaporkan langsung ke Pak Wali Kota atas kejadian ini," katanya.

Usai kebakaran di Pasar Sentral Makassar ini, Ichsan akan segera menangani perihal kios-kios pedagang yang terbakar. Dia belum memastikan apakah pedagang akan direlokasi sementara atau tidak.

"Kami akan berbuat yang terbaik untuk pedagang. Untuk sementara ini, kami menganggap ini adalah force majeure (kejadian di luar kemampuan) karena kami belum dapat informasi awal atau penyebab dari kejadian ini," katanya.

Baca Juga: Danny Sebut Banjir di Makassar Tanggung Jawab Developer Perumahan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya