Pj Gubernur Sulsel Kunker Pakai Helikopter, Pemprov Klarifikasi

Pj Gubernur Sulsel belum lama ini sebut daerahnya bangkrut

Makassar, IDN Times - Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, baru-baru ini kembali menuai sorotan. Pasalnya, dia diketahui melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Bone menggunakan helikopter pada Sabtu 16 Desember 2023.

Sekilas mungkin tidak ada masalah dengan kunjungan kerja menggunakan helikopter. Namun hal ini menuai sorotan sebab dianggap kontras dengan pernyataan Bahtiar beberapa pekan lalu yakni soal Sulsel bangkrut.

Karena pernyataannya itu, dia menyerukan penghematan anggaran. Namun pernyataannya ini dianggap tidak sesuai dengan kenyataan bahwa Bahtiar menggunakan helikopter untuk kunjungan daerah. Hal ini mengingat biaya sewa helikopter yang tidak murah serta kunjungan daerah dapat ditempuh dengan jalur darat.

1. Ada peninjauan kebencanaan

Pj Gubernur Sulsel Kunker Pakai Helikopter, Pemprov KlarifikasiKepala BPBD Sulsel Amson Padolo. IDN Times/Asrhawi Muin

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, Amson Padolo, yang dikonfirmasi perihal itu menjelaskan bahwa helikopter tersebut merupakan milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Helikopter itu digunakan untuk peninjauan kebencanaan.

Sebelum bertandang ke Bone, Bahtiar lebih dulu berkunjung ke Kabupaten Sinjai karena salah satu lokasi di sana terkena bencana longsor. Penggunaan helikopter dianggap lebih mudah untuk menjangkau lokasi bencana.

"Longsor di Sinjai itu ditinjau tapi lewat udara. Kemudian singgah di Bone. Setelah itu, beliau langsung pulang lewat darat," kata Amson saat dikonfirmasi IDN Times, Kamis (21/12/2023).

2. Helikopter disiagakan untuk kebencanaan

Pj Gubernur Sulsel Kunker Pakai Helikopter, Pemprov KlarifikasiKepala BPBD Sulsel Amson Padolo. IDN Times/Asrhawi Muin

Helikopter tersebut memang disiagakan oleh BNPB di Sulsel untuk operasi kebencanaan. Hal ini karena kondisi geografis Sulsel yang terdiri dari banyak gunung dan laut sehingga kadang tidak memungkinkan untuk diakses lewat jalur darat.

Kunjungan ke Sinjai itu, kata Amson, yaitu dalam rangka peninjauan kebencanaan dari udara. Pemprov ingin melihat sejauh mana dampak yang diakibatkan oleh longsor tersebut.

"Karena ini kan memang status siaga dalam pengawasan. Ada gelar pengawasan, ada antisipasi dini, mau dilihat peta bencananya apa kira-kira kalau terjadi," kata Amson.

Baca Juga: Pj Gubernur Tinjau Dua Kawasan Industri Potensial di Sulsel

3. Berstatus pinjam pakai

Pj Gubernur Sulsel Kunker Pakai Helikopter, Pemprov KlarifikasiIlustrasi helikopter. (Unsplash.com/Phil W)

Helikopter BNPB itu berstatus pinjam pakai dari BNPB. Kendaraan itu, kata Amson, hanya digunakan untuk operasi kebencanaan.

Helikopter itu disiagakan karena Sulsel termasuk daerah rawan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor. Penggunaan helikopter dianggap memudahkan untuk peninjauan udara.

"Fungsinya lebih besar sebenarnya karena kalau kita memantau dari udara banyak yang bisa dibikin, seperti mendiskripsikan apa tindakannya. Seperti kemarin itu pergi daerah Bili-bili kalau dari bawah tidak kelihatan," kata Amson.

Baca Juga: Jelang Pemilu 2024, Pj Gubernur Sulsel:  Hati-hati Komentar di Medsos!

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya