Jelang Pemilu 2024, Pj Gubernur Sulsel:  Hati-hati Komentar di Medsos!

Medsos dianggap kerap memperkeruh suasana

Makassar, IDN Times - Perhelatan Pemilu 2024 semakin dekat. Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dalam menggunakan media sosial.

Hal ini disampaikannya saat apel siaga Pemilu 202 di Lapangan Karebosi, Makassar, Rabu (6/12/2023). Dia meminta kepada seluruh elemen masyarakat bersama-sama mencegah faktor yang menjadi penyebab ketidakdamaian.

"Misalnya hati-hati ngomong di waktu-waktu seperti ini, memberikan komen di media sosial. Jangan memperkeruh suasana damai yang sudah repot-repot diupayakan oleh semua penyelenggaraan negara," kata Bahtiar.

Baca Juga: Kemenag Sulsel Segera Buka Seleksi Petugas Haji, Ini Syaratnya

1. Bahtiar sebut medsos sering memperkeruh suasana

Jelang Pemilu 2024, Pj Gubernur Sulsel:  Hati-hati Komentar di Medsos!ilustrasi media sosial (pexels.com/ Tracy Le Blanc)

Bahtiar juga menyampaikan bahwa jajaran pemerintah maupun penyelenggara pemilu telah berupaya menciptakan pemilu damai. Apabila ada hal yang kurang baik dan berpotensi merusak hubungan kedamaian di Sulsel, terutama dari media sosial maka masyarakat diminta lebih berhati-hati.

"Media sosial sering memperkeruh suasana, tolong diklarifikasi, cek, cek, dan cek. Jangan langsung share, jangan langsung respon karena belum tentu itu benar," kata Bahtiar. 

2. Ada patroli siber yang memantau medsos

Jelang Pemilu 2024, Pj Gubernur Sulsel:  Hati-hati Komentar di Medsos!ilustrasi sosial media (pexels.com/pixabay)

Bahtiar mengatakan bahwa saat ini ada patroli siber yang akan memantau media sosial terutama yang berkaitan dengan pemilu. Semua komentar dan aktivitas di media sosial akan dipantau oleh Patroli Siber.

"Jadi saya tentu mengimbau masyarakat sama-sama kita sebagai orang Bugis Makassar yang selama ini terkenal selalu sipakaraja, saling menghargai, menghormati masing-masing punya pilihan, punya pandangan, pikiran, kita semua hargai pikiran-pikiran itu," kata Bahtiar.

2. Bahtiar ingin ubah pandangan soal pemilu di Sulsel

Jelang Pemilu 2024, Pj Gubernur Sulsel:  Hati-hati Komentar di Medsos!Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin. Dok. Humas Pemprov Sulsel

Lebih lanjut, Bahtiar mengajak masyarakat untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang damai. Dia ingin mengubah pandangan bahwa penyelenggaraan pemilu di Sulsel selalu berisik dan dianggap rawan.

"Kita buktikan bahwa ternyata masyarakat Sulawesi Selatan ini sebenarnya tidak seperti yang dicap selama ini," kata Bahtiar.

Selama menjabat sebagai Pj Gubernur Sulsel sejak 5 September 2023 lalu, Bahtiar merasa bahwa wilayah ini damai. Masyarakatnya sangat menjunjung sipakalebbi dan sipakatau.

"Saya tiap hari datang ke masyarakat di kampung-kampung damai semua. Yang berisik itu di media sosial saja. Ini di media sosial harus kita edukasi," kata Bahtiar.

Baca Juga: Angka Stunting Sulsel Menurun tapi Belum Capai Target

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya