Pj Gubernur Tinjau Dua Kawasan Industri Potensial di Sulsel

Kawasan terpadu bisa jadi pintu masuk investasi

Makassar, IDN Times - Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin meninjau dua kawasan industri terpadu, Jumat (22/9/2023). Keduanya adalah Kawasan Industri Bantaeng (KIBA) dan Kawasan Industri Takalar (KITA). 

Pada kunjungannya, Bahtiar menyatakan bahwa kebijakan membangun daerah harus sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi. Salah satu penekanannya adalah harus ada investasi swasta yang terlibat.

"Cara membangun sesuai perintah Bapak Presiden itu adalah investasi, harus ada swasta yang masuk. Nah swasta ini bisa masuk kalau ada kawasan. Jadi kalau sudah ada kawasan terpadu, itulah yang dilakukan negara-negara seperti Vietnam, Thailand saat ini. Investasi besar-besaran masuk di sana. Kalau anda ke Vietnam hari ini, minggu depan sudah bisa bangun pabrik," kata Bahtiar dalam keterangannya, Sabtu (23/9/2023).

Baca Juga: 153 Hektare Lahan Pertanian di Sulsel Gagal Panen Imbas Kemarau

1. Birokrasi pemerintahan masih jadi kendala

Pj Gubernur Tinjau Dua Kawasan Industri Potensial di SulselBahtiar Baharuddin, Dirjen Polpum Kemendagri yang ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sulsel/Istimewa

Menurut Bahtiar, negara-negara lain dapat mencapai tergetnya menarik investor untuk berinvestasi di daerah-daerah potensial. Namun, di Indonesia, salah satu kendala adalah proses birokrasi pemerintahan. 

"Kita lama sekali, masuk hari ini bisa dua tahun nggak selesai. Nah ini saya kira bangun Kawasan Industri Takalar ini, ada mungkin 2.000 atau 3.000 hektare lahan akan disiapkan, ini bisa masuk banyak industri di sini, listrik sudah jelas, lahan sudah jelas, air sudah ada, pelabuhannya sudah jelas," terangnya. 

2. Pemprov dituntut menciptakan pelayanan baik bagi calon investor

Pj Gubernur Tinjau Dua Kawasan Industri Potensial di SulselIlustrasi industri. (IDN Times/Arief Rahmat)

Ia mengatakan, pihak pemerintah kabupaten kota maupun Pemprov Sulsel harus menciptakan sistem pelayanan terbaik kepada seluruh calon investor. Dia menekankan tanpa ada administrasi yang berbelit-belit.

"Ini adalah satu sistem pelayanan untuk menarik investasi. Dan ini adalah lahan-lahan tidak produktif yang selama ini menjadi lahan tandus. Kita ingin mengubah lahan tandus ini menjadi sumber ekonomi kawasan," Bahtiar melanjutkan. 

3. Baru dua wilayah di Sulsel siapkan lahan untuk bangun kawasan industri

Pj Gubernur Tinjau Dua Kawasan Industri Potensial di SulselIlustrasi listrik (ANTARA FOTO/Rahmad)

Menurut Bahtiar, khusus untuk KIBA sendiri harus diupayakan segera mungkin untuk diatasi kebutuhan pihak perusahaan multi nasional agar mau masuk ke Sulsel. Salah satunya soal penambahan tenaga listrik.

"Beberapa hari lalu saya sampaikan kepada seluruh Bupati dan Wali Kota seluruh Sulawesi Selatan, harus memiliki lahan untuk persiapan kawasan industri. Tapi baru dua yang memiliki kawasan industri di Sulsel, yakni Kawasan Industri Makassar (KIMA) dan Kawasan Industri Bantaeng (KIBA)," katanya.

Baca Juga: Bahtiar Baharuddin Ingin Kembangkan Budi Daya Pisang di Sulsel

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya