Penumpang Bus Trans Mamminasata Berkurang usai Berlaku Tarif

Penumpang menurun dari 60 persen hingga 37 persen

Makassar, IDN Times - Teman Bus Trans Mamminasata di Sulawesi Selatan (Sulsel) telah dikenakan tarif bagi penumpang sejak 31 Oktober 2022. Tarif yang berlaku sebesar Rp4.600 untuk setiap penumpang.

Kepala UPT Tranportasi Mamminasata Dinas Perhubungan Sulsel, Andi Nurdiyana, mengatakan terjadi penurunan penumpang bus sejak pengenaan tarif tersebut. Hal ini berlaku di empat koridor yang beroperasi.

"Sebelum berbayar yakni tanggal 24-30 Oktober, penumpangnya di atas 60 persen. Kemudian setelah itu, sekitar 37 persen," kata Nurdiyana melalui sambungan telepon, Rabu (9/11/2022).

Baca Juga: Bus Trans Mamminasata Masih Gratis untuk Tiga Kategori

1. Penumpang terkendala pada metode pembayaran

Penumpang Bus Trans Mamminasata Berkurang usai Berlaku TarifSuasana di dalam Teman Bus usai diluncurkan di Lego-lego Makassar, Sabtu (13/11/2021). Humas Pemprov Sulsel

Nurdiyana menyampaikan bahwa menurunnya jumlah penumpang secara drastis itu dikarenakan metode pembayaran yang digunakan. Seperti diketahui, Teman Bus tidak menerap sistem pembayaran tunai melainkan non tunai.

Metode pembayaran yang diterapkan di Teman Bus yaitu dengan menggunakan uang elektronik seperti tap melalui Brizzi, Tap Cash dan sebagainya. Opsi lainnya, penumpang bisa membayar dengan sistem pembayaran QRIS atau scan barcode. 

"Kendala sebagian besar masyarakat yang ingin menggunakan layanan itu karena mereka harus menggunakan HP untuk menggunakan aplikasi QRIS atau scan QR code di Teman bus. Harus punya DANA, OVO, Link Aja, Shopeepay, dan sebagainya. Sementara tidak semua orang punya HP," ujarnya.

2. Baru pembayaran scan QRIS yang diterapkan

Penumpang Bus Trans Mamminasata Berkurang usai Berlaku TarifArmada Teman Bus yang bakal beroperasi di Makassar. (Dok. Pemprov Sulsel)

Nurdiyana mengatakan bahwa untuk saat ini, hanya metode pembayaran melalui QRIS saja yang diterapkan. Pasalnya, alat tap on bus (TOB) untuk tapping kartu uang elektronik belum tersedia. 

Namun Nurdiyana memastikan alat TOB akan didatangkan dalam waktu dekat. Alat TOB akan dipasang di semua unit bus Trans Mamminasata yang berjumlah 87 unit. 

"Nanti dipasangi 21 November baru bisa dipergunakan. Jadi, sementara per 31 Oktober yang digunakan itu adalah pembayaran menggunakan aplikasi," kata Nurdiyana.

3. Gratis untuk tiga kategori masyarakat

Penumpang Bus Trans Mamminasata Berkurang usai Berlaku TarifSuasana di dalam Teman Bus yang beroperasi di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin
  1. Sementara itu, tarif Teman Bus belum berlaku untuk tiga kategori masyarakat yaitu pelajar, lansia dan difabel. Ketiga kategori masyarakat ini bisa menggunakan layanan Teman Bus tanpa perlu membayar tarif yang ditentukan.

"Kalau misalnya mau naik bus, menunjukkan kartu pelajarnya. Kalau misalnya belum punya kartu pelajar tapi menggunakan pakaian seragam itu bisa naik," katanya.

Sedangkan untuk kategori lansia, bisa menunjukkan e-KTP yang menunjukkan tahun kelahiran 1962 ke bawah. 

"Kalau difabel kan kita sudah bisa melihat bahwasanya yang bersangkutan adalah penyandang difabel. Jadi, bisa naik dengan nol Rupiah," katanya.

Baca Juga: Berbayar Mulai 31 Oktober, Tarif Teman Bus Trans Mamminasata Rp4600

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya