Bus Trans Mamminasata Masih Gratis untuk Tiga Kategori

Tarif Rp4.600 berlaku untuk masyarakat umum

Makassar, IDN Times - Tarif untuk bus Trans Mamminasata di Sulawesi Selatan resmi berlaku per tanggal 31 Oktober 2022. Namun hal ini tidak berlaku pada tiga kategori masyarakat.

Tiga kategori masyarakat yang dikenakan pembebasan tarif yaitu pelajar kelas III SMA ke bawah, penyandang difabel, dan lanjut usia. Mereka masih bisa menikmati layanan Teman Bus secara gratis.

"Mereka masih nol rupiah karena masih perlu tahap proses sehingga ketiga kategori ini mereka tidak perlu bayar," kata Kepala UPT Trans Mamminasata Dinas Perhubungan Sulsel, Andi Nurdiyana, Selasa (1/11/2022).

Baca Juga: Berbayar Mulai 31 Oktober, Tarif Teman Bus Trans Mamminasata Rp4600

1. Berlaku hingga waktu yang ditentukan

Bus Trans Mamminasata Masih Gratis untuk Tiga KategoriTeman Bus hadir di Makassar. IDN Times/Istimewa

Pembebasan tarif bagi tiga kelompok masyarakat tersebut dikarenakan masih ada proses registrasi pada Teman Bus. Mereka juga diberikan kemudahan dalam menggunakan layanan Teman Bus.

Untuk pelajar, mereka cukup memperlihatkan kartu pelajar. Namun jika mereka tidak membawanya, maka bisa ditunjukkan dengan mengenakan pakaian sekolah.

"Kita belum tahu sampai kapan berlakunya, yang jelasnya untuk ketiga kategori itu disubsidi oleh pemerintah," kata Nurdiyana.

2. Menggunakan dua metode pembayaran non tunai

Bus Trans Mamminasata Masih Gratis untuk Tiga KategoriTeman Bus hadir di Makassar. IDN Times/Istimewa

Tarif yang berlaku untuk masyarakat umum sebesar Rp4.600 untuk semua koridor. Semua pembayaran tidak menggunakan sistem tunai melainkan transaksi non tunai. Untuk non tunai, ada dua metode pembayaran yang digunakan. 

Pertama, pembayaran dengan menggunakan kartu uang elektronik seperti e-Money, Brizzi, ataupun Flash. Caranya dengan menempelkan atau tapping kartu yang berisi saldo pada alat TOB (Tap on Bus) yang tersedia.

Kedua, pembayaran melalui scan QRIS e-wallet atau m-banking. Caranya dengan scan barcode yang tertera di pintu masuk bus. 

"Untuk saat ini, bus Trans Mamminasata, tersedia itu masih alat QRIS karena alat TOB-nya nanti itu tanggal 21 November baru tersedia," kata Nurdiyana.

3. Masyarakat perlu beradaptasi

Bus Trans Mamminasata Masih Gratis untuk Tiga KategoriSuasana di dalam Teman Bus usai diluncurkan di Lego-lego Makassar, Sabtu (13/11/2021). Humas Pemprov Sulsel

Adapun pemberlakuan tarif ini diharapkan tidak mengurangi minat masyarakat terhadap Teman Bus. Apalagi Teman Bus menghadirkan layanan untuk menjamin kenyamanan masyarakat dalam menggunakan transportasi publik.

Nurdiyana mengakui bahwa penerapan tarif berbayar ini masih menemui kendala. Utamanya saat scan QRIS. Pasalnya, penumpang yang scan QRIS harus antre. Namun hal tersebut bukan kendala berarti karena masyarakat masih butuh penyesuaian.

"Jadi antrenya agak lama ya, karena satu per satu scan QRIS baru naik ke bus," kata Nurdiyana.

Baca Juga: Proyek Jalan Tol Mamminasata di Sulsel Dicoret dari PSN

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya