Berbayar Mulai 31 Oktober, Tarif Teman Bus Trans Mamminasata Rp4600

Bayar Teman Bus pakai kartu elektronik

Makassar, IDN Times - Setelah digratiskan sejak pertama kali diluncurkan, layanan Teman Bus Trans Mamminasata akan mulai berbayar pada 31 Oktober 2022. Layanan Teman Bus di Sulawesi Selatan ini melayani empat koridor.

Tarif Teman Bus Trans Mamminasata yaitu Rp4.600 per orang. Pembayaran Teman Bus melalui kartu non tunai seperti e-Money, Brizzi, Tap Cash, atau Flazz.

"Jadi ini untuk membayar melalui kartu non tunai saja atau melalui aplikasi saja. Nah pembayaran secara non tunai ini menggunakan kartu elektronik yang bisa didapatkan di Alfamart atau Indomaret," kata Kepala UPT Trans Mamminasata Andi Nurdiyana, Rabu (26/10/2022).

1. Sosialisasi berlangsung enam hari

Berbayar Mulai 31 Oktober, Tarif Teman Bus Trans Mamminasata Rp4600Teman Bus hadir di Makassar. IDN Times/Istimewa

Nurdiyana mengatakan saat ini pihaknya belum memulai sosialisasi untuk penerapan tarif tersebut. Sosialisasi baru akan dimulai pada Senin 30 Oktober 2022 mendatang atau sehari sebelum tarif diberlakukan.

"Selama 6 hari kami akan sosialisasikan ke sekolah-sekolah. Setelah tanggal 31 Oktober ada sosialisasi kami laksanakan. Selain itu kami juga melalui Instagram informasi website, dalam bentuk seperti itu," katanya.

2. Alat tap on bus belum didatangkan

Berbayar Mulai 31 Oktober, Tarif Teman Bus Trans Mamminasata Rp4600Aplikasi Teman Bus. IDN Times/Asrhawi Muin

Untuk saat ini, layanan Teman Bus Trans Mamminasata masih berlaku secara gratis. Nurdiyana mengatakan alat untuk operator tap on bus juga belum didatangkan.

"Sampai saat ini belum tiba. Artinya belum ada dan belum dipasang di bus. Tapi informasi yang kami dapatkan pemberlakuan tarif di 31 Oktober. Di h-4 itu alat akan dipasang," katanya.

3. Melayani empat koridor

Berbayar Mulai 31 Oktober, Tarif Teman Bus Trans Mamminasata Rp4600Ilustrasi pembayaran bus/istimewa

Sejak diresmikan pada November 2022 lalu di Kota Makassar, Teman Bus melayani 4 koridor di wilayah aglomerasi Mamminasata yaitu Makassar, Maros, Gowa dan Takalar. Teman Bus yang beroperasi berjumlah 87 unit.

Bus Trans Mamminasata melayani 4 koridor. Koridor 1 yaitu Panakkukang Square-Galesong. Koridor 2 yaitu Mal Panakkukang-Bandara Sultan Hasanuddin.  Koridor 3 yaitu Kampus 2 PNUP-Kampus 2 PIP. Koridor 4 Panakkukang Square -Kampus UIN Samata-Kampus Fakultas Teknik Unhas Gowa.

Baca Juga: Siap-siap, Naik Teman Bus Trans Mamminasata Bakal Berbayar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya