Pemprov Sulsel Siapkan Pasar Pangan Murah di 6 Kabupaten saat Ramadan

Stok pangan dipastikan aman

Makassar, IDN Times - Kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok jelang Ramadan, membuat Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mencari cara agar tidak semakin melambung. Pasar pangan murah pun sedang disiapkan.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulsel, Kemal Redindo Syahrul Putra, mengatakan pihaknya akan berupaya menekan agar harga agar tidak semakin naik. Dalam waktu dekat, pihaknya akan menggelar pasar pangan murah di 6 kabupaten/kota.

"Nanti insyaallah setelah saya melapor dengan gubernur, tanggal 30, 31 (Maret) dan 1 (April) ini akan kita lakukan gelar pangan murah untuk menjawab ketersediaan itu," kata Redindo di Makassar, Minggu (20/3/2022).

1. Pangan murah dibagi ke enam zona

Pemprov Sulsel Siapkan Pasar Pangan Murah di 6 Kabupaten saat RamadanKomoditas pangan di Pasar Terong Makassar, Senin (12/4/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Enam kabupaten yang dimaksud merupakan perwakilan dari enam zona di Sulsel. Pertama, zona Makassar yang meliputi Makassar, Gowa, Maros, Pangkep dan Takalar.

Kedua, zona selatan yaitu Bulukumba mewakili Selayar, Jeneponto, Bantaeng. Ketiga, zona Bosowasi yang mencakup Bone, Soppeng, Wajo, dan Sinjai.

Keempat, zona Ajatappareng yang meliputi Pare-Pare, mewakili Sinjai, Barru dan Pinrang. Kelima, zona Toraja yang diwakili oleh Enrekang, Toraja Utara, dan Tana Toraja. Keenam, zona Luwu Raya yaitu Luwu untuk mewakili Palopo, Luwu Utara dan Luwu Timur.

"Ini sudah dikoordinasikan, sisa menunggu persetujuan gubernur sehingga ini akan dilakukan sebelum Ramadan dan setelah lebaran," kata Redindo.

2. Harga sejumlah komoditas pangan naik

Pemprov Sulsel Siapkan Pasar Pangan Murah di 6 Kabupaten saat RamadanIlustrasi pangan. IDN Times/Holy Kartika

Dalam sebulan terakhir, sejumlah kebutuhan pokok memang mengalami kenaikan harga. Belum selesai urusan minyak goreng, komoditas lain seperti cabai rawit daging sapi dan gula pasir juga merangkak naik.

Di Pasar Pabaeng-baeng Makassar misalnya, harga gula pasir naik dari Rp14.000 menjadi Rp15.000 per kilogram. Begitupun dengan harga minyak goreng curah yang naik dari Rp14.000 menjadi Rp15.000 per liter. 

Di Pasar Terong Makassar, harga cabai merah naik dari Rp40.000 menjadi Rp50.000 per kilogram. Begitu pula dengan cabai hijau yang harganya naik dari Rp15.000 menjadi Rp20.000 per kilogram.

Baca Juga: Cobaan Baru buat Ibu-Ibu di Makassar, Harga Cabai Naik!

3. Stok pangan dipastikan aman saat Ramadan

Pemprov Sulsel Siapkan Pasar Pangan Murah di 6 Kabupaten saat RamadanIlustrasi stok pangan. (IDN Times/Gideon Aritonang)

Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo, menjelaskan pasar pangan murah akan menggandeng Bulog dan sejumlah toko retail modern untuk menjual produknya di daerah. 

Dia tidak menampik adanya kenaikan harga sejumlah komoditas pangan. Namun pihaknya memastikan harga dan ketersediaan pangan tetap aman menjelang Ramadan.

"Tempatnya belum ditentukan karena kita melihat tingkat kemiskinan dan daya beli masyarakat di kabupaten kota tersebut. Namun yang terpenting saat ini adalah bagaimana memastikan seluruh barang terjaga di pasaran," kata Ashari.

Baca Juga: Pasar Murah Sembako di Makassar, Warga Serbu Minyak Goreng

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya