Pasar Murah Sembako di Makassar, Warga Serbu Minyak Goreng

Rencana digelar di sejumlah daerah

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Perdagangan menggelar pasar sembako murah selama satu hari di pelataran Monumen Mandala Makassar, Selasa (8/3/2022). Stan minyak goreng pun langsung diburu warga.

Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo mengakui minyak goreng masih menjadi komoditas yang paling dicari oleh masyarakat. Sebab dalam dua bulan terakhir, minyak goreng memang bermasalah mulai dari kenaikan harga hingga kelangkaan stok.

Pada pasar murah ini, Disdag menyediakan 3.600 paket minyak goreng kemasan.

"Secara kebetulan minyak goreng kemasan agak susah didapatkan. Makanya kita kerja sama dengan distributor. Kita berikan harga Rp14.000 (per liter) itu sudah masuk harga premium," kata Ashari.

1. Pasar murah akan digelar di beberapa daerah

Pasar Murah Sembako di Makassar, Warga Serbu Minyak GorengWarga mengantre di pasar sembako murah yang digelar di pelataran Monumen Mandala Makassar, Selasa (8/3/2022). IDN Times/Istimewa

Pasar sembako murah yang digelar di pelataran Monumen Mandala itu diselenggarakan atas kerja sama Dinas Perdagangan Sulsel, Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) dan PT. Wilmar. Pasar murah ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan sembako dengan harga yang terjangkau.

Ashari mengatakan pasar murah rencananya digelar juga di beberapa daerah lain di luar Makassar. Dalam waktu dekat, pasar murah sembako juga akan digelar di Kabupaten Jeneponto. 

"Seluruh kabupaten/kota akan kita sasar dengan waktu yang berbeda. Minimal kita meringankan beban masyarakat," kata Ashari.

2. Bulog siap suplai komoditas untuk pasar murah

Pasar Murah Sembako di Makassar, Warga Serbu Minyak GorengANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Pasar murah ini tidak hanya menyediakan minyak goreng. Di sini warga juga bisa membeli komoditas lain dengan harga murah seperti beras, gula pasir dan tepung terigu. 

Pada pasar murah ini, Bulog menyediakan gula pasir sebanyak 2.000 kg, beras 2.500 kg dan tepung terigu 1.000 kg.

"Kami dari Bulog adalah men-support komoditi yang ada pada persediaan kami meskipun memang animonya masyarakat itu masih pada minyak goreng," kata Pimwil Bulog Sulselbar, Bakhtiar AS.

Baca Juga: Awal Maret, Disdag Makassar Siapkan 2 Ribu Liter Minyak Goreng Murah

3. Bulog jamin ketersediaan pangan

Pasar Murah Sembako di Makassar, Warga Serbu Minyak GorengIDN Times/Hendra Simanjuntak

Bakhtiar menyatakan pihaknya siap mendukung kegiatan pasar sembako murah tersebut dengan terus menyiapkan suplai. Dia juga memastikan stok pangan di gudang Bulog masih aman menjelang Ramadan.

"Saya pikir ini akan terus kita laksanakan dalam rangka untuk menyambut puasa.  Kemudian menghadapi lebaran nanti, insyaallah pemerintah turut hadir untuk masyarakat," kata Bakhtiar.

Dia meminta masyarakat, khususnya di Sulsel, tidak perlu khawatir dengan persediaan stok pangan. Sebab dalam waktu enam bulan ke depan, masih ada 140.000 ton pangan yang tersimpan di gudang Bulog.

"Sehingga saya pikir tidak ada alasan masyarakat untuk khawatir terkait persediaan pangan di Sulsel," kata Bakhtiar.

Baca Juga: KPPU Makassar Tegur Distributor Minyak Goreng yang Jail ke Pedagang

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya