Pemprov Sulsel Salurkan Bantuan bagi Korban Kebakaran Pasar Sentral

Pedagang berharap bisa berjualan kembali

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyalurkan bantuan kepada pedagang Pasar Sentral Makassar yang kiosnya mengalami kebakaran. Bantuan itu diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman kepada pedagang di lokasi kebakaran, Jumat (30/12/2022).

Sudirman mengatakan bantuan itu diserahkan dengan maksud untuk meringankan beban bagi pedagang yang terdampak. 

"Kami berikan bantuan kepada yang terdampak. Jadi, bantuan ini kami berikan untuk meringankan beban terdampak, karena banyak yang tidak bisa diselamatkan barang-barangnya," kata Sudirman.

Baca Juga: Misteri Ucapan "Siap" Sebelum Pasar Sentral Makassar Terbakar

1. Pemprov menyerahkan ke Pemkot Makassar untuk mencari solusi bagi pedagang

Pemprov Sulsel Salurkan Bantuan bagi Korban Kebakaran Pasar SentralGubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengunjungi lokasi kebakaran Pasar Sentral Makassar, Jumat (30/12/2022). (IDN Times/Ashrawi Muin)

Bantuan tersebut berupa bantuan makanan untuk sehari-hari seperti beras, mie instan, air.  Bantuan itu, kata Sudirman, menjangkau semua pedagang dari 931 los yang ludes terbakar. 

Sudirman menyerahkan kepada pemda setempat untuk kelanjutan nasib para pedagang selanjutnya. Pemprov tak memiliki kewenangan untuk pedagang yang meminta dibangunkan lapak.

"Terlepas dari ini, karena dikelola oleh PD jadi serahkan ke wali kota untuk itu. Intinya, kami kesempatan dulu kepada kota untuk membangun karena bagaimana solusi untuk mereka. Nanti kita tunggu dulu," tuturnya.

2. Pedagang berharap segera dibuatkan lapak

Pemprov Sulsel Salurkan Bantuan bagi Korban Kebakaran Pasar SentralLokasi kios di pelataran Pasar Sentral Makassar yang terbakar. (IDN Times/Ashrawi Muin)

Sri, salah satu pedagang Pasar Sentral, mengaku cukup senang dengan bantuan yang diberikan. Namun, dia tetap berharap pemerintah secepatnya memberikan bantuan berupa lapak agar bisa kembali berjualan.

Dia menuturkan bahwa 5 los yang dikontrak di Blok B Selatan yang terbakar semua ludes terbakar tanpa sisa. Dia pun berharap pemerintah segera memberikan solusi.

"Kalau begini terbengkalai kita. Karena ini mata pencaharian kita. Intinya, saya maunya yang cepat, karena ingin cepat menjual," katanya.

3. Pedagang akan dibuatkan lapak sementara

Pemprov Sulsel Salurkan Bantuan bagi Korban Kebakaran Pasar SentralSejumlah petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api saat terjadi kebakaran di Pasar Sentral, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (27/12/2022) malam. Abriawan Abhe

Sementara itu, Pemkot Makassar berencana merelokasi pedagang ke Jalan H Ramli yang lokasinya tak jauh dari Pasar Sentral. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menyatakan akan membantu para pedagang agar mereka bisa kembali berjualan.

Dia mengintruksikan Dinas Pekerjaan Umum (PU) agar memberikan bantuan berupa material untuk membangun lapak sementara pedagang. 

"Kita tadi cek di PU, ada biaya yang bisa untuk peruntukan material bagi mereka karena mereka sendiri yang bikin. Paling tidak meringankan bagi mereka," kata Danny saat mengunjungi lokasi kebakaran, Rabu 28 Desember 2022.

Baca Juga: Labfor Ambil Sampel Kebakaran Hanguskan 931 Kios Pasar Sentral

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya