Pemprov Janjikan Bantuan 18 Unit Kapal untuk Nelayan Sulsel Tahun Ini

Mendukung peningkatan produksi perikanan

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan 18 unit kapal nelayan untuk tahun 2023. Sebanyak 2 unit di antaranya merupakan kapal perikanan 10 GT, serta 16 unit untuk kapal perikanan 5 GT.  

"Alhamdulillah, tahun 2023 ini kita alokasikan untuk 18 unit kapal nelayan untuk dibagikan kepada kelompok nelayan di beberapa kabupaten/kota," kata Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dalam siaran persnya, Minggu (13/8/2023).

1. Kapal dibuat di Bulukumba dan Palopo

Pemprov Janjikan Bantuan 18 Unit Kapal untuk Nelayan Sulsel Tahun IniIlustrasi kapal-kapal nelayan. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Untuk pembuatan kapal tersebut, Pemprov mempercayakan perajin di Kabupaten Bulukumba dan Kota Palopo. Sebanyak 15 unit di antaranya dibuat di Kabupaten Bulukumba.

Daerah dengan sebutan Butta Panrita Lopi ini memang dikenal sebagai pengrajin kapal Pinisi. Apalagi, Kapal Pinisi dari juga telah resmi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritage) oleh UNESCO sejak 2017.

"Pembuatan kapalnya dari pengrajin di Bonto Bahari di Bulukumba. Ini memang pusat industri pembuatan kapal," kata Sudirman.

2. Mendukung peningkatan produksi perikanan

Pemprov Janjikan Bantuan 18 Unit Kapal untuk Nelayan Sulsel Tahun IniANTARA FOTO/Ampelsa

Sudirman berharap bantuan kapal ini nantinya akan mendukung peningkatan produksi perikanan di Sulsel. Di sisi lain, juga perekonomian pengrajin kapal juga akan semakin bergeliat. 

"Diharapkan bantuan kapal ini mendukung peningkatan produksi perikanan tangkap masyarakat nelayan. Sekaligus membantu menggeliatkan perekonomian bagi pengrajin kapal di Bulukumba dan Palopo," katanya.

Baca Juga: Mendagri Diberi Gelar Kehormatan dari Pimpinan Adat Ammatoa Kajang

3. Sektor perikanan berkontribusi pada ekspor

Pemprov Janjikan Bantuan 18 Unit Kapal untuk Nelayan Sulsel Tahun IniANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Sektor perikanan sendiri termasuk berkontribusi dalam ekspor Sulsel. Hingga pertengahan 2023, sektor perikanan berkontribusi sebesar 13,29 persen ekspor.

Kemudian menurut data Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel sepanjang 2022, produksi perikanan tangkap di Sulsel mencapai 436 ribu ton, serta perikanan budidaya mencapai 4 juta ton.

Baca Juga: Meriahnya Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Bulukumba

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya