Meriahnya Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Bulukumba

Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Bulukumba

Bulukumba, IDN Times - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meresmikan Gerakan Nasional Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih di Lapangan Hitam, Pantai Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (11/8/2023).

Tito mengatakan, pembagian 10 juta Bendera Merah Putih tersebut telah rutin dilaksanakan dalam dua tahun terakhir oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

"Tahun lalu kita sukses melebihi target mencapai target 12 juta bendera yang dibagi di seluruh jajaran pemerintah pusat, lembaga hingga pemerintah daerah," kata Tito.

1. Gerakan rutin tiap tahun

Meriahnya Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di BulukumbaMenteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian saat memberi sambutan pada kegiatan Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Jumat (11/8/2023). IDN Times/Irwan Idris

Kata Tito, gerakan nasional pembagian 10 juta bendera ini merupakan kegiatan reguler yang dilaksanakan setiap tahun, khususnya pada bulan Agustus, oleh Kemendagri RI.

"Tahun lalu di Kota Banda Aceh di-launching oleh Bapak Jhon Wempi Watipo yang orang Papua. Sedangkan acara puncaknya, saya memimpin di Merauke Papua. Saya ini orang Sumatra. Sehingga menggambarkan keindonesiaan," ujarnya.

2. Peran Dirjen Kemendagri hingga Bulukumba terpilih tuan rumah

Meriahnya Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di BulukumbaMenteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian saat memberi sambutan pada kegiatan Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Jumat (11/8/2023). IDN Times/Irwan Idris

Diceritakan Tito, Kabupaten Bulukumba dipilih sebagai lokasi puncak gerakan nasional pembagian 10 juta bendera, melalui diskusi mendalam antara dia dengan Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar.

"Saya bilang puncaknya mau dilaksanakan di mana ini?. Pak Bahtiar sampaikan, bagaimana kalau daerah tengah saja. Kan dulu di daerah timur dan barat," kata Tito.

"Saya bilang lagi, kira-kira di mana daerah tengahnya?. Ia bilang Sulsel. Saya bilang coba cek di Sulsel daerah mana yang siap," ucapnya.

3. Bahtiar membawa kegiatan nasional ke Bulukumba

Meriahnya Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di BulukumbaDirjen Politik dan Pemerintahan Umum, Bahtiar (paling kanan) usai Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Jumat (11/8/2023). IDN Times/Irwan Idris

Kata Tito, Bahtiar lalu menyampaikan bahwa Pemkab Bulukumba siap menyukseskan even nasional ini. Ia menyebut sedikit bercanda, salah satunya karena bupatinya kawan mancing dengan Mendagri.

"Saya tahun 2002 sampai 2003 dinas di Sulsel. Memang Pak Muchtar ini, kawan saya mancing gitu loh. Semenjak istri saya hobi diving, saya juga hobi diving, tolong jangan nangkap ikan banyak-banyak," kelakar Tito.

Tak berselang lama, Bupati Bulukumba bertandang ke Kemendagri dan bertemu langsung dengan Tito Karnavian. Di Kemendagri itulah, Bupati Bulukumba menegaskan kesiapannya.

"Dia bilang, kita siap pak melaksanakan acara puncak pembagian 10 juta bendera seluruh Indonesia. Acara besarnya di Bulukumba," kata Tito.

Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Pantai Bira, Bulukumba, dimeriahkan oleh penampilan marching band dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Sulawesi Selatan, sejumlah penari adat, dan barisan pasukan pembawa bendera.

Baca Juga: Mendagri Diberi Gelar Kehormatan dari Pimpinan Adat Ammatoa Kajang

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya