Pemkot Makassar Ungkap Alasan Korbankan RTH Bangun MPP di Taman Macan

Puluhan pohon di RTH Taman Macan Makassar bakal ditebang

Makassar, IDN Times - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar menjelaskan alasan pemilihan Taman Macan menjadi lokasi pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP). Hal ini menyusul karena pembangunan itu harus mengorbankan pohon-pohon di sana.

Kepala Bidang Prasarana dan Bangunan Dinas PU Kota Makassar, Hajar Aswad, mengatakan pertimbangan memilih Taman Macan untuk lokasi pembangunan MPP berdasarkan tiga hal. 

"Ada tiga alasan kenapa harus di Taman Macan. Ada 3A. Aset, akses, dan asri," kata Hajar Aswad saat ditemui di kantornya, Senin (31/7/2023).

1. Lahan aset milik Pemkot Makassar

Pemkot Makassar Ungkap Alasan Korbankan RTH Bangun MPP di Taman MacanTaman Macan, lokasi yang dipilih untuk pembangunan Mal Pelayanan Publik. IDN Times / Aan Pranata

Hajar menjelaskan, Taman Macan memang merupakan aset milik Pemerintah Kota Makassar. Di sisi lain, sangat sulit mencari lahan bersertifikat di tengah kota untuk lokasi pembangunan. 

"Terus yang kita bangun di Taman Macan kan bukan tamannya tapi di bagian utaranya yang bekas kantor lurah, sama ada pengerasan tempat orang bersenam di situ. Itu yang kita bangun," kata Hajar.

Dia mengakui pembangunan MPP ini berimbas kepada penebangan pohon-pohon di Taman Macan. Hal ini memang disayangkan mengingat Taman Macan merupakan salah satu ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Makassar yang jumlahnya sedikit.

"Ada beberapa pohon memang yang mau tidak mau harus ditebang. Ada karena umur, ada yang mengganggu tapi lebih banyak kita pindahkan. Kita potong tapi direstitusi, kita ganti dengan 7.900 lebih bibit," katanya.

2. Lokasi yang mudah diakses

Pemkot Makassar Ungkap Alasan Korbankan RTH Bangun MPP di Taman MacanBalaikota Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Alasan selanjutnya yaitu pertimbangan akses. Lokasi Taman Macan yang terletak di Jalan Sultan Hasanuddin dianggap strategis untuk MPP. Terlebih lagi, lokasinya bersebelahan dengan gedung Balai Kota Makassar.

"Orang pasti tahu tempatnya. Memudahkan masyarakat karena transportasi lewat di situ. Kantor wali kota dekat, kantor pos dekat. Aksesnya masyarakat mengakses itu sangat mudah," kata Hajar.

Akses lain yang dimaksud yaitu akses menuju rooftop. Bangunan MPP nantinya akan disediakan roofop berkonsep hijau yang bisa diakses masyarakat.

"Masyarakat bisa nikmati itu yang di atas lantau 8 untuk umum. Tadinya orang senang-senang bisa di atas. Dari Taman Macan orang bisa lihat sunset," kata Hajar.

Baca Juga: DLH Makassar Beri Sanksi Warga Penebang Pohon di Jalan Boulevard

3. Menyediakan taman yang asri

Pemkot Makassar Ungkap Alasan Korbankan RTH Bangun MPP di Taman Macaninstagram.com/danteskyy_

Alasan ketiga yaitu pertimbangan asri. Hajar menyebutkan bahwa MPP tetap dibangun dengan konsep hijau. Bangunan ini akan dilengkapi taman.

Taman itu bisa digunakan sebagai ruang tunggu bagi pengunjung. Ketika warga datang, mereka akan langsung disambut dengan taman hijau. Tidak semua pohon yang ada di Taman Macan ditebang. 

"Ini akan menjadi gedung pemerintah pertama di Indonesia Timur yang green building. Ramah lingkungan," kata Hajar.

Baca Juga: Pembangunan Mal Pelayanan Publik di Makassar Merusak RTH

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya