Pemkot Makassar Siapkan 5 Protokol Kesehatan untuk New Normal

Olahraga dan pemenuhan nutrisi tubuh jadi poin penting

Makassar,IDN Times - Pemerintah Kota Makassar sudah menggaungkan konsep new normal atau hidup baru di tengah pandemik virus Corona atau COVID-19. Pemkot kini mempersiapkan kebijakan baru berupa konsep new normal berbasis kearifan lokal.

Konsep yang diungkapkan Pj Wali Kota Yusran Jusuf itu berupa lima protokol kesehatan. Tiga di antaranya merupakan protokol umum, yakni penggunaan masker, jaga jarak, serta rutin cuci tangan.

Sedangkan dua lainnya olahraga serta pemenuhan nutrisi dari tanaman lokal untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Misalnya mengonsumsi tanaman jahe, kunyit, mengkudu, dan sejenisnya.

“Jika selama ini kita hanya massifkan pola pencegahan dengan cuci tangan, jaga jarak dan pakai masker, maka dengan konsep baru ini kita tambahkan dua poin penting lainnya yakni olahraga dan pemenuhan nutrisi tubuh yang bersumber dari tanaman lokal kita," kata Yusran rapat koordinasi Pemkot di Balai Kota Makassar, Selasa (26/5).

Baca Juga: Gubernur Tegur Pj Wali Kota Makassar yang Bolehkan Resepsi Pernikahan

1. Warga didorong memenuhi nutrisi berbasis pekarangan

Pemkot Makassar Siapkan 5 Protokol Kesehatan untuk New NormalANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Yusran menjelaskan, Pemkot akan memaksimalkan peran seluruh ORT/ORW se-Kota Makassar untuk memastikan masyarakat menjalankan protokol kesehatan.  Dinas Ketahanan Pangan bakal didorong untuk mengembangkan komoditi lokal yang bisa ditanam di pekarangan warga serta lahan terbuka di sekitar pemukiman.

Menurut Yusran, pemenuhan nutrisi bisa membantu meningkatkan imunitas. Jika dijalankan seiring disiplin menjaga jarak, maka dia optimistis COVID-19 bisa ditangani secara lebih cepat.

“Ssupan nutrisi lokal untuk membangkitkan imunitas warga berbasis pekarangan dengan mengkomsumsi  hasil olahan tanaman lokal,” katanya.

2. Dinas kesehatan siapkan program kesehatan untuk pegawai di seluruh instansi

Pemkot Makassar Siapkan 5 Protokol Kesehatan untuk New NormalIstimewa

Pemerintah Kota tidak hanya menyiapkan konsep new normal bagi masyarakat umum. Melalui Dinas Kesehatan, Pemkot juga tengah menyiapkan konsep tersebut bagi kalangan pegawai.

Kepala Dinas Kesehatan Naisyah Tun Azin menyebutkan, salah satu bentuknya berupa program gerakan senam di ruang kerja pada waktu-waktu tertentu.

“Gerakan masyarakat sehat ini bagian dari The New Normal sebagai adaptasi kita menghadapi pandemi COVID-19” ujarnya.

3. Warga Makassar diharapkan beradaptasi

Pemkot Makassar Siapkan 5 Protokol Kesehatan untuk New NormalPekerja beraktivitas di lokasi proyek jalan tol layang di jalan Andi Pangeran Pettarani, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin ( 27/4/2020). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Sebelumnya, Pemkot Makassar melalui Jubir Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Ismail Hajiali berharap masyarakat bisa beradaptasi dengan new normal. Menurutnya itu tidak sulit, sebab selama pandemik, orang-orang tanpa sadar telah melakukan berbagai pola hidup yang berbeda dari sebelumnya.

Sejumlah pola kehidupan baru yang sudah mulai diterapkan masyarakat sehari-hari, kata Ismail, yaitu rajin mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak. Kebiasaan ini disebutnya bukan hal umum bagi sebagian besar orang sebelum ada COVID-19.

"Masyarakat sudah ada proses adaptasi lebih awal," kata Ismail kepada IDN Times, Kamis (21/5).

Baca Juga: 42 Persen Pasien Positif COVID-19 di Makassar Sembuh

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya