Pemkot Makassar Anggarkan Rp50 M untuk Renovasi TPI Paotere

Danny ingin Paotere jadi destinasi wisata

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar berencana merenovasi total Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Paotere pada tahun 2024. Pemkot menyiapkan anggaran Rp50 miliar untuk kebutuhan itu.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Makassar Danny Pomanto, dalam acara Syukuran Renovasi TPI Paotere Tahun Anggaran 2023, Selasa (26/12/2023). Dalam acara itu, Danny mengatakan TPI Paotere akan ditata dengan baik di semua bagian.

"Dermaganya ditata dengan baik, restorannya ditata dengan baik sehingga betul-betul layak orang datang, layak pariwisata tumbuh di sini dan layak ekonomi bisa tumbuh di sini dengan kondisi yang memadai," kata Danny.

Baca Juga: Bawaslu Makassar Butuh 4.004  Pengawas TPS, Simak Syaratnya

1. Anggaran diambil dari APBD Perubahan

Pemkot Makassar Anggarkan Rp50 M untuk Renovasi TPI PaotereWali Kota Makassar, Danny Pomanto saat berada di Pelabuhan Paotere, Selasas (26/12/2023)/Pemkot Makassar

Danny mengatakan dalam perencanaan renovasi total itu, anggaran akan disiapkan di APBD Perubahan 2024 dengan skema pembangunan multiyears. Danny akan menyampaikan hasil renovasi 2023 ini ke Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin.

"Kita kemarin siapkan Rp50 miliar tapi karena belum ada alas haknya, jadi kita persiapkan nanti di (APBD) Perubahan sekaligus dia multiyears saja," kata Danny.

2. Aset belum diambil alih Pemkot

Pemkot Makassar Anggarkan Rp50 M untuk Renovasi TPI PaotereAktivitas kapal di Pelabuhan Rakyat Paotere Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) saat berlabuh, Sabtu (28/5/2022). Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Saat ini, TPI Paotere masih merupakan aset Pemprov Sulsel dan belum diambil alih oleh Pemkot. Meski begitu, Danny mengaku telah bersurat agar aset TPI dikembalikan ke pemerintah kota.

"Insyaallah kalau ini diserahkan, dan mudah-mudahan tidak terlalu lama kita menunggu, kita langsung selesai," kata Danny.

3. Danny ingin jadikan Paotere tempat wisata

Pemkot Makassar Anggarkan Rp50 M untuk Renovasi TPI PaotereSejumlah buruh mengangkut bawang merah ke atas truk di Pelabuhan Paotere Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (20/6/2019). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Danny mengaku sejak lama dirinya ingin merenovasi total TPI Paotere. Selain karena faktor kesejarahan, Danny juga ingin mengedepankan branding Makassar sebagai Kota Makan Enak.

Karena itu, Danny ingin menjadikan Paotere sebagai primadona pariwisata khususnya. Dia ingin Paotere juga harus mengambil bagian penting utamanya perihal makanan olahan ikan.

"Saya kira juga orang kalau ke Makassar, tidak akan afdol kalau tidak makan ikan di Paotere," kata Danny.

Baca Juga: BPBD Makassar Antisipasi Banjir saat Pemungutan Suara Pemilu 2024

Topik:

  • Irwan Idris
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya