Pantau Bahan Pokok di Hari Natal, Mentan Sebut Ketersediaan Cukup

Syahrul sebut harga beras turun di beberapa tempat

Makassar, IDN Times - Kementerian Pertanian memantau stok bahan pokok di Pasar Terong Makassar bertepatan dengan hari Natal, Minggu (25/12/2022). Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memastikan 12 bahan pokok dalam kondisi aman dan normal.

Syahrul juga bahkan menemukan bahwa di sejumlah tempat, harga beras cenderung mengalami penurunan.

"Di Sulawesi Selatan dan saya dapat laporan hampir di seluruh provinsi yang ada rata-rata ketersediaan cukup. Bahkan beberapa tempat harga beras mengalami penurunan. Salah satunya di tempat ini (pasar terong) di mana kemarin itu harganya 11.000 sekarang 10.000 ribu," katanya dalam siaran pers.

1. Harga bahan pokok cenderung menurun

Pantau Bahan Pokok di Hari Natal, Mentan Sebut Ketersediaan CukupMenteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memantau ketersediaan bahan pokok di Pasar Terong Makassar, Minggu (25/12/2022). Dok. Kementan

Berdasarkan laporan perkembangan harga pada minggu ke III di bulan Desember 2022, kebutuhan bahan pokok di Sulsel rata-rata menunjukan penurunan harga. Beras dari yang awalnya Rp11.000 turun menjadi Rp10.000 per liter, jagung yang awalnya Rp4.993 per kilo menjadi Rp4.943 per kilo, daging sapi yang tadinya Rp126.000 menjadi Rp125.750 per kilo.

"Begitu juga dengan telur ayam, daging ayam, gula, minyak goreng, cabai dan bawang yang mengalami penurunan," kata Syahrul.

2. Mentan sebut Sulsel jadi barometer ketersediaan bahan pokok

Pantau Bahan Pokok di Hari Natal, Mentan Sebut Ketersediaan CukupMenteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. IDN Times/Asrhawi Muin

Menurut Syahrul, Sulsel merupakan salah satu provinsi yang menjadi barometer terhadap dinamika ketersediaan dan harga yang ada saat ini. Karena itu, dia berharap, kebutuhan bahan pokok di daerah ini dapat ternormalisasi melalui kerja bersama dan menyediakan ketersediaan secara berkelanjutan.

"Saya berharap Natal, Tahun Baru dan seterusnya kita bisa tetap menormalisasi ketersediaan dan keterjangkauan yang ada melalui harga-harga yang normatif melalui harga-harga yang tetap normal," katanya.

Baca Juga: Mentan SYL Sidak Harga dan Stok Pangan di Makassar usai Idul Adha

3. Mentan minta kolaborasi semua pihak jaga bahan pokok

Pantau Bahan Pokok di Hari Natal, Mentan Sebut Ketersediaan CukupBahan pangan pokok di Pasar Terong Makassar, Jumat (9/12/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian pun siap meningkatkan kolaborasi dengan semua pihak, termasuk pemerintah daerah dalam menjalankan pengawasan dan monitorong di setiap pasar seluruh Indonesia. Dengan begitu, SYL berharap perayaan Natal dan Tahun Baru dapat berjalan lancar.

Syahrul menegaskan bahwa menjaga harga bahan pokok bukan hanya tugas menteri melainkan juga bupati, wali kota, kepala dinas, gubernur hingga masyarakat.

"Mudah-mudahan Natal tahun baru ketersediaan cukup apalagi kalau beras sangat berlimpah alhamdulillah kelihatannya juga sangat siap. Tapi kita tidak boleh pede karena cuaca sangat ekstrem dan pertanian itu sangat berkait dengan cuaca," katanya.

Baca Juga: Jelang Natal, Mentan Sebut Stok Pangan Aman 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya