Syahrul Yasin Limpo Dapat Pangkat Profesor Kehormatan Unhas

Pemberian pangkat bakal dievaluasi setiap tahun

Makassar, IDN Times - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) diberikan pangkat profesor kehormatan oleh Universitas Hasanuddin. Pemberian pangkat akademik ini merupakan yang pertama diberikan oleh Kampus Merah tersebut.

Prosesi pengangkatan tersebut berlangsung di Ruang Senat Lantai 2 Gedung Rektorat Unhas Tamalanrea Makassar, Kamis (17/3/2022). SYL mendapatkan pangkat profesor di bidang Ilmu Hukum.

Ketua Dewan Profesor Unhas Prof Mursalim menjelaskan bahwa ini merupakan pertama kali dalam sejarah Unhas memberikan pangkat akademik kehormatan di kalangan non akademik. Ini juga pertama kali di Indonesia dikeluarkan oleh perguruan tinggi negeri berbadan hukum.

"Baru satu, pertama kalinya profesor kehormatan kami berikan," katanya, Kamis (17/3/2022).

1. SYL dianggap memenuhi syarat

Syahrul Yasin Limpo Dapat Pangkat Profesor Kehormatan UnhasDOKUMENTASI HUT KABUPETEN SIDRAP

Menurut Prof Mursalim, SYL telah memenuhi semua persyaratan yang dicantumkan dalam Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Pendidikan Tinggi nomor 38 tahun 2021 tentang Pengangkatan Profesor Kehormatan Pada Perguruan Tinggi.

Dengan diberikannya pangkat akademik ini, SYL berkewajiban menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi. Setiap tahun, kelayakan pangkat tersebut akan dievaluasi apakah masih layak dipertahankan atau tidak.

Selain itu, SYL hanya dapat mencantumkan pangkat profesir jika mengikutkan Unhas di dalam namanya. Karena pangkat yang didapatkan ini berbeda dengan yang didapatkan oleh profesor akademik.

"Ini juga hanya berlaku hingga di usianya 70 tahun, setelah itu tidak lagi berhak mencantumkan prof di namanya," katanya.

2. SYL juga punya gelar Bintang Mahaputra

Syahrul Yasin Limpo Dapat Pangkat Profesor Kehormatan UnhasMenteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat rapat monitoring dan pengelolaan penyaluran pupuk bersubsidi TA.2020 di Hotel Claro, Makassar, Selasa (20/10/2020). Dok. Kementan

Tenaga Ahli Kementerian Pertanian yang juga orang terdekat dari SYL, Prof Imam Mujahidin mengatakan SYL mempunyai tiga gelar doktor. Dua diantaranya yakni Honoris Causa di dapatkan dari perguruan tinggi luar negeri. Kemudian, dua gelar master. Yakni mater hukum (MH) dan master sains (M.Si).

Syahrul juga diberi penghargaan sebagai Bintang Mahaputra saat masih menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan padahal penghargaan ini sangat sulit didapat. Bintang Mahaputra adalah tanda kehormatan tertinggi kedua yang diberikan oleh pemerintah RI.

"Mahaputra itu tidak gampang. Saat jadi Gubernur sudah dapat gelar luar biasa itu dan ratusan penghargaan lainnya," kata Imam.

3. SYL punya pengalaman di lapangan

Syahrul Yasin Limpo Dapat Pangkat Profesor Kehormatan UnhasMenteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. (Dok. Istimewa)

Menurut Prof Imam, kemampuan SYL di bidang akademik tidak perlu diragukan lagi. Karena itu, pangkat profesor untuk SYL sudah sangat layak disematkan.

Selain karena itu, SYL juga telah dianggap paripurna di bidang pemerintahan. Dia  pernah menjabat sebagai lurah, camat, bupati, wakil gubernur, gubernur dan saat ini jadi menteri. 

"Syahrul secara akademik dan praktik lapangan sudah melampaui kapasitas atau kadar yang dibutuhkan untuk menjadi seorang profesor. Hanya sedikit orang yang punya karir lapangan seperti beliau. Itu menurut saya," katanya.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya