Pansel Resmi Umumkan Hasil Seleksi Direksi dan Dewas BUMD Makassar

Didominasi pejabat baru

Makassar, IDN Times - Panitia dan Tim Seleksi akhirnya mengumumkan hasil skoring lelang enam direksi dan dewan pengawas Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Makassar, Selasa (5/7/2022). Hal itu berdasarkan Pengumuman Nomor: 011/Pansel/VII/2022 tentang Hasil Seleksi Calon Direksi dan Dewan Pengawas BUMD Kota Makassar 2022. 

Ketua Tim Seleksi BUMD Makassar, Muhammad Ansar mengatakan skoring peserta yang diumumkan berdasarkan hasil tahapan seleksi mulai pemberkasan, uji kelayakan kepatutan (UKK), dan wawancara. Namun hasil seleksi yang diumumkan saat ini hanya berdasarkan skoring tertinggi dan belum pada penentuan posisi direksi. 

"Pengumumannya adalah berdasarkan ranking. Tapi belum ada jabatannya. Itu akan diumumkan kemudian oleh Pak Wali Kota. Saya akan serahkan nama-nama," kata Ansar di Balai Kota Makassar, Selasa (5/7/2022).

1. Ada 18 posisi yang akan diisi

Pansel Resmi Umumkan Hasil Seleksi Direksi dan Dewas BUMD MakassarRakor terkait Makassar Recover di Balaikota Makassar, Senin (26/4/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Saat ini, ada 18 posisi direksi untuk enam perusda. Untuk PDAM Makassar ada empat direksi yakni direktur utama, direktur keuangan, direktur umum, dan direktur teknik.

Untuk PD Terminal Makassar Metro, PD Pasar Makassar Raya, PD Parkir Makassar Raya, dan PD Rumah Pemotongan Hewan masing-masing tiga direksi. Diantaranya, direktur utama, direktur operasional, dan direktur umum. Sementara untuk Bank Perkreditan Rakyat hanya dua direksi.

"Ketentuan bahwa harus ada keterwakilan dari pemerintah. Jadi setiap direksi ada masukan dari bapak wali kota," kata Ansar.

2. Ada nama pejabat lama

Pansel Resmi Umumkan Hasil Seleksi Direksi dan Dewas BUMD MakassarSekertaris Daerah Kota Makassar Muhammad Ansar. IDN Times/Asrhawi Muin

Secara keseluruhan ada 93 direksi dan dewan pengawas yang diumumkan. Secara rinci, ada 88 peserta yang mendaftar seleksi BUMD, dan 5 pejabat Pemkot Makassar yang dimasukkan sebagai dewan pengawas. 

Mereka adalah Sekertaris Daerah Kota Makassar M Ansar yang masuk sebagai dewan pengawas di PDAM Makassar, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Firman Pagarra ditempatkan di PD Parkir Makassar Raya. 

Kemudian, Kepala Bagian Protokol Sekretariat Daerah Kota Makassar Zuhur Daeng Ranca sebagai dewan pengawas PD Terminal Makassar Metro, dan Moh Roem Kepala Dinas Pariwisata sebagai dewan pengawas PD Rumah Pemotongan Hewan. 

Selanjutnya, ada Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Andi Siswanta Attas sebagai dewan pengawas PD Pasar Makassar Raya. 

Baca Juga: Danny Tunjuk Pejabat Sementara untuk Mengisi Direksi Perusda 

3. Didominasi pejabat baru

Pansel Resmi Umumkan Hasil Seleksi Direksi dan Dewas BUMD MakassarWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto rakor bersama para camat terkait penegakan protokol kesehatan di Balaikota Makassar, Senin (3/5/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Meski ada beberapa nama pejabat lama, namun Ansar menyebut lebih banyak pejabat baru yang lolos seleksi berdasarkan skoring.

"Lebih banyak nama baru. Kami pemerintah kota berdasarkan nilai yang masuk kita konsisten. Berdasarkan nilai yang ada. Harapan kita mudah-mudahan. Secara teori ini bisa bekerja di BUMD masing-masing. Penentuan dulu baru pelantikan," kata Ansar.

Baca Juga: Danny Pomanto Copot Seluruh Direksi dan Dewas Perusda Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya