Mulai Sabtu Besok, Tim Detektor COVID-19 Datangi Rumah Warga Makassar

15.306 personel diturunkan serentak

Makassar, IDN Times - Mulai besok, Sabtu 10 Juli 2021, Satgas Detektor COVID-19 Makassar mulai mendatangi rumah-rumah warga. Mereka akan memeriksa sekaligus menskrining kondisi kesehatan seluruh warga kota.

Juru Bicara Makassar Recover Henny Handayani menyebut, tim Detektor COVID-19 akan dipimpin oleh masing-masing Master COVID-19 (MR) tiap kecamatan. Mereka bergerak setelah berkoordinasi dengan para camat, lurah hingga RT. 

"Juga melibatkan semua unsur PKM se-Makassar, TNI, Polri dan semua OPD ikut terlibat mendukung agenda skrining umum besok," kata Henny, Jumat (9/7/2021).

1. Skrining awal mendeteksi COVID-19

Mulai Sabtu Besok, Tim Detektor COVID-19 Datangi Rumah Warga MakassarWali Kota Makassar, Danny Pomanto memberi sambutan di peluncuran Satgas Detektor COVID-19 di Lapangan Karebosi, Jumat (2/7/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Jumlah anggota Satgas Detektor COVID-19 Makassar sebanyak 15.306 orang. Mereka terdiri dari 10.000 relawan, 5.000 tenaga kesehatan dan 306 dokter. Dalam tugasnya nanti, mereka akan tersebar di semua keluarahan yang totalnya 153 kelurahan. 

Selain itu, tim Detektor juga dibantu oleh tim COVID Hunter. Artinya, jika dalam proses skrining didapati ada warga yang bergejala berat terpapar COVID-19, maka Satgas Detektor akan langsung menghubungi COVID Hunter. 

"Intinya besok menjadi agenda utama penanganan COVID-19 yakni skrining awal untuk mendeteksi jumlah orang terpapar COVID-19 di Makassar dan memilah tingkatan gejalanya. Sehingga data ini menjadi bahan acuan untuk menentukan treatment lanjutan terhadap warga yang terpapar," kata Henny lagi.

2. Danny minta kesigapan semua pihak terkait

Mulai Sabtu Besok, Tim Detektor COVID-19 Datangi Rumah Warga MakassarWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto pun secara tegas meminta kesigapan semua pihak untuk bersama-sama melindungi warga dari paparan COVID-19.

“Ini adalah panggilan kemanusiaan. Saya harap semuanya total dalam bekerja. Besok tim Detektor akan turun mendeteksi warga," kata Danny usai menggelar rapat virtual terkait hal tersebut di rumahnya, Jumat (9/10/2021).

Danny juga meminta konsistensi para camat dan lurah serta kepala Puskesmas se-Kota Makassar supaya mendukung turunnya tim Detektor ke masyarakat. "Semua harus bersinergi dan bekerja sama," kata Danny.

Baca Juga: Ribuan Orang Berkerumun di Peluncuran Satgas Detektor COVID Makassar

3. Warga yang suhu tubuhnya lebih 37 derajat akan diperiksa lebih lanjut

Mulai Sabtu Besok, Tim Detektor COVID-19 Datangi Rumah Warga Makassarilustrasi demam (IDN Times/Mardya Shakti)

Dengan diturunkannya tim Detektor COVID-19 Makassar ke rumah-rumah warga, Danny berharap, pemerintah mampu mendeteksi warga yang suspek terkena paparan COVID-19

Oleh karena itu, uji klinis akan dijalankan tim di lapangan seperti saturasi, mengecek tekanan darah dan juga suhu tubuh. Warga yang suhu tubuhnya di atas 37° akan diberi pemeriksaan lanjutan

“Kita siapkan 15.306 personil yang akan mengunjungi warga secara door to door di semua RT se-Kota Makassar agar dapat memantau langsung keadaan masyarakat. Masing-masing 2 orang Satgas Detektor akan memantau di 5.000 RT di dampingi oleh tenaga kesehatan," kata Danny Pomanto.

Baca Juga: Pemkot Makassar Luncurkan Satgas Detektor COVID-19, Disebar di 5000 RT

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya