Malam Ini Jembatan Kereta di Maros Dipasang, Jalan Poros Ditutup

Penggeseran jembatan baja tertunda sepekan

Makassar, IDN Times - Sempat tertunda selama sepekan, jembatan baja rel kereta api di jalan poros Maros-Pangkep, Sulawesi Selatan, dipasang malam ini, Rabu (31/8/2022). Jalan poros di Desa Maccini Baji, Kecamatan Lau, Maros, bakal ditutup lima jam.

Jembatan akan digeser dari sisi badan untuk ditempatkan melintang di atas badan jalan. Penggeseran jembatan baja menggunakan perangkat hidrolik berkapasitas 250 ton.

"Kita juga punya cadangan hydrolic launcher. Termasuk motornya kita juga punya cadangan untuk mengantisipasi jika nanti pada saat proses pemasangan terjadi kendala, sehingga pemasangan jembatan dapat berlangsung sampai selesai," kata Harry selaku konsultan supervisi melalui siaran pers yang diterima IDN Times, Rabu (31/8/2022).

Baca Juga: Pengerjaan Rel Kereta, Jalan Poros Maros-Pangkep Ditutup 5 Jam

1. Peralatan pemasangan baja disiapkan

Malam Ini Jembatan Kereta di Maros Dipasang, Jalan Poros DitutupKegiatan pelaksanaan uji coba pemasangan launcher jembatan baja di Kabupaten Maros, Rabu (31/8/2022). Dok.Humas BPKA Sulsel

Pemasangan jembatan baja jadi bagian pembangunan pembangunan rel kereta api Makassar-Parepare segmen C. Segmen ini ditargetkan beroperasi pada bulan Oktober 2022 mendatang. 

Pemasangan jembatan baja sudah disiapkan lewat pengecekan terakhir terhadap struktur-struktur baja yang menjadi alas jembatan dan peralatan. 

"Untuk generator set-nya sudah kita siapkan dengan kapasitas 250 kpa, lebih 125 kpa dari kapasitas jet tempur pendorong hydrolic yang dipersiapkan. Secara umum peralatan untuk pemasangan jembatan baja ini sudah dipersiapkan dengan baik," kata Harry.

2. Masyarakat diimbau menunda perjalanan

Malam Ini Jembatan Kereta di Maros Dipasang, Jalan Poros DitutupKegiatan pelaksanaan uji coba pemasangan launcher jembatan baja di Kabupaten Maros, Rabu (31/8/2022). Dok.Humas BPKA Sulsel

Harry mengatakan pihaknya telah memaparkan perihal rencana pemasangan jembatan baja ini sebanyak empat kali . Saat pergeseran jembatan, skema kendaraan non angkutan dialihkan melalui jalan dekat Kecamatan Lau.

"Kami juga mengimbau untuk menunda terlebih dahulu perjalanannya terutama pada saat pergeseran jembatan. Kemudian untuk emergency seperti mengakomodir ambulans dan kendaraan kecil lainnya, kami juga sudah menyiapkan escape road," kata Harry.

Saat pemasangan jembatan baja, jalur Trans Sulawesi di jalan poros Maros-Pangkep ditutup, khususnya di wilayah Desa Maccini Baji, Kecamatan Lau, Kabupaten Maros. Jalan poros harus ditutup karena jembatan sepanjang 60 meter itu akan ditempatkan melintang tepat di atas jalan Trans Sulawesi.

Rangka jembatan akan didorong dengan tenaga hidrolik. Jembatan digeser secara bertahap, dengan pergerakan sekitar 90 centimeter per gerakan hidrolik. Total dibutuhkan waktu empat hingga lima jam untuk memindahkan rangka jembatan di posisi direncanakan.

3. Jalan poros Maros-Pangkep ditutup sekitar lima jam

Malam Ini Jembatan Kereta di Maros Dipasang, Jalan Poros DitutupKegiatan pelaksanaan uji coba pemasangan launcher jembatan baja di Kabupaten Maros, Rabu (31/8/2022). Dok.Humas BPKA Sulsel

Saat penggeseran jembatan rel kereta, jalan poros di Desa Maccini Baji, Kecamatan Lau, Maros, akan ditutup total. Bagi pengendara yang ingin melintas, petugas menyiapkan jalur alternatif. Namun jalan ini hanya untuk motor dan kendaraan roda empat non-angkutan barang. 

Jika berkendara dari arah Pangkep ke Maros, jalan alternatif bisa ditempuh dengan belok kiri sebelum SPBU Tambua. Arahkan kendaraan ke arah Desa Bontorea dengan jalan sepanjang 3 kilometer. Jalan akan mengarah keluar ke jalan poros di dekat Polsek Lau.

Kendaraan barang yang terlanjur berada di lokasi saat penutupan jalan, diharapkan bersabar menunggu dan menempati kantong parkir yang disediakan. Sedangkan kendaraan dengan urusan daruat seperti ambulans bisa menempuh jalur escape road yang disiapkan di sekitar area pergeseran jembatan.

4. Pemasangan baja berlangsung dini hari

Malam Ini Jembatan Kereta di Maros Dipasang, Jalan Poros DitutupProyek kereta api Trans Sulawesi jalur Makassar-Parepare. (Dok. Balai Pengelola Kereta Api Sulawesi Selatan)

Rencananya, pemasangan jembatan baja akan berlangsung pukul 23.00-04.00 WITA malam nanti. Pemasangan jembatan baja ini sudah melalui tahapan-tahapan koordinasi bersama Dirlantas Polda Sulsel, Polres Maros. Dinas Perhubungan Kabupaten Maros dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sulawesi Selatan.

Kegiatan uji coba pergeseran ini diklaim telah dilaksanakan sebaik mungkin. Petugas bekerja pada posisinya masing-masing. BPKA Sulsel menyatakan pergeseran jembatan ini akan aman sehingga diharapkan pada saat pemasangan tidak terjadi masalah apapun. 

BPKA juga berharap kepada seluruh unsur masyarakat untuk mendukung percepatan pembangunan jalur kereta api dapat selesai sesuai dengan rencana.

Baca Juga: WALHI Sulsel Tolak Pembangunan Rel Kereta Api di Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya