Makassar Tunggu 35 Ribu Vaksin dari Pusat

Pemkot Makassar berencana vaksinasi serentak di tingkat RT

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar berupaya menggenjot pelaksanaan vaksinasi COVID-19. Upaya terbaru yaitu vaksin serentak di 100 rukun tetangga (RT) per hari.

Untuk kepentingan itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto meminta tambahan ketersediaan vaksin dari pemerintah pusat. Pasalnya, stok vaksin saat ini di Kota Makassar masih kurang. Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi  Nasional Airlangga Hartarto disebut sudah menjanjikan akan memenuhi kebutuhan itu.

"Saya sudah lapor, kebetulan tadi Pak Menko Perekonomian beliau membacakan, ada 35 ribu vial yang akan segera tiba di Makassar," kata Danny di Makassar, Selasa (24/8/2021).

Baca Juga: Sulsel Segera Suntikkan Lima Ribu Vaksin Moderna untuk Umum

1. Masyarakat diminta bersabar

Makassar Tunggu 35 Ribu Vaksin dari PusatVaksin COVID-19 AstraZeneca (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Danny mengatakan pihaknya telah meluncurkan program percepatan vaksinasi. Hanya saja ketersediaan vaksin yang berkurang memang menjadi kendala.

Dia meminta warga yang belum divaksinasi agar bersabar menanti kiriman vaksin tambahan yang rencananya akan datang dalam waktu dekat ini. Lagipula, masih ada pihak lain yang menyediakan vaksinasi.

"Yang ada sekarang ini tentunya ini kita juga sangat bersyukur ada di TNI Polri, kemudian di swasta misalnya di IDI dan Kalla group. Kemudian ada di anggota dewan DPR RI," kata Danny.

2. Vaksinasi RT/RW diharapkan menekan COVID-19

Makassar Tunggu 35 Ribu Vaksin dari PusatIlustrasi petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 saat kegiatan vaksinasi massal (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Dengan adanya kiriman tambahan vaksin, Pemkot Makassar berharap dapat mengadakan gerakan vaksinasi 100 persen tiap hari di tingkat RT/RW.

“Program vaksinasi tingkat RT/RW diharapkan dapat menekan laju pergerakan COVID-19. Selain itu tentu akan mempengaruhi roda ekonomi di Makassar. Olehnya itu saya sangat mengharapkan tambahan vaksin ini segera tiba," kata Danny.

Baca Juga: Melihat Antusiasme Warga 'Kampung Narkoba' Makassar Ikut Vaksinasi

3. Bergantung pada stok vaksin

Makassar Tunggu 35 Ribu Vaksin dari PusatPetugas kesehatan menunjukan vaksin saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Pemerintah Kota Makassar sendiri menargetkan 70 persen warganya divaksinasi. Adapun jumlah warga kota ini yaitu 1.102.330 orang.

Juru Bicara Makassar Recover Henni Handayani mengatakan, program vaksinasi serentak di RT itu baru bisa berlangsung pada September 2021 mendatang. Itupun tergantung stok vaksin dari pemerintah pusat.

"Tentu kita bergantung pada stok vaksin yang diberikan pemerintah pusat sehingga program ini baru akan dimulai September saat vaksin sudah tersedia," kata Henni.

Baca Juga: September, Pemkot Makassar Genjot Vaksinasi Berbasis RT

Baca Juga: September, Pemkot Makassar Genjot Vaksinasi Berbasis RT

Topik:

  • Irwan Idris
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya