Melihat Antusiasme Warga 'Kampung Narkoba' Makassar Ikut Vaksinasi

Pandemik salah satu alasan warga terjerumus narkoba

Makassar, IDN Times - Petugas Satresnarkoba Polrestabes Makassar menggelar vaksinasi massal di kawasan Sapiria, Jalan Pannampu, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Senin (16/8/2021). Sebanyak 50 dosis diberikan bagi warga setempat.

Selama ini Sapiria dikenal dengan sebutan 'kampung narkoba' di Makassar. Sebab di daerah itu marak ditemukan kasus penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

"Untuk wilayah Makassar, Sapiria ini dijadikan sampel untuk memulai gaungnya kampung tangguh anti narkoba," kata Wakil Kepala Polrestabes Makassar AKBP Budi Santoso, Senin.

Baca Juga: Info Vaksinasi di Makassar 13-27 Agustus 2021, Cek Syaratnya di Sini!

1. Alasan polisi pilih kampung Sapiria untuk program vaksinasi

Melihat Antusiasme Warga 'Kampung Narkoba' Makassar Ikut VaksinasiVaksinasi di kampung Sapiria Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Budi menjelaskan, kampung Sapiria dipilih sebagai lokasi percontohan vaksinasi untuk meretas stigma bahwa lokasi ini rawan peredaran gelap barang harm. Budi tak menampik, bahwa stigma tentang sarangnya narkoba memang sudah sangat melekat di daerah ini.

Kondisi pandemik COVID-19 dimanfaafkan oleh kepolisian untuk menyosialisasikan pentingnya mencegah penyebaran virus cprona. Selain itu juga digelar penyuluhan narkoba di tengah perkampungan padat penduduk ini.

"Setidaknya kegiatan ini menjadi pembangkit kesadaran dan mengurangi kerentanan penyebaran virus," ucap Budi. 

2. Pandemik jadi salah satu penyebab warga terjerumus ke peredaran narkoba

Melihat Antusiasme Warga 'Kampung Narkoba' Makassar Ikut VaksinasiVaksinasi di kampung Sapiria Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Budi menyebut pihaknya dalam kurun waktu setahun terakhir mendapat laporan bila pandemik COVID-19 menjadi salah satu faktor banyak masyarakat Sapiria terjerumus ke dalam kasus peredaran gelap narkoba.

"Ini dampaknya memang terjadi pukul ekonomi," ujar Budi.

Budi menyebut dalam beberapa kejadian, petugas juga telah mengungkap kasus narkoba di tempat ini. Kejadian itu menurutnya bisa menjadi pelajaran agar bagaimana pun sulitnya warga dalam situasi seperti ini, jangan terjerumus dalam kasus narkoba.

"Jadi selain itu kami juga melalukan penyuluhan," ucapnya.

3. Instruksi Kapolri soal pencanangan kampung tangguh anti narkoba

Melihat Antusiasme Warga 'Kampung Narkoba' Makassar Ikut VaksinasiVaksinasi di kampung Sapiria Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Satresnarkoba Polrestabes Makassar menggandeng pemerintah setempat hingga tokoh masyarakat sekitar dalam program vaksinasi COVID-19 sekaligus pencanangan kampung tanggung anti narkoba di Sapiria. Budi menyatakan, program ini merupakan tindaklanjut dari instrukri Kapolri mengenai pemberantasan dan pencegahan peredaran narkoba.

Tak hanya di Makasaar, melainkan daerah lain yang mendapat stigma rawan tentang peredaran narkoba di Indonesia. Budi menambahkan, warga cukup antusias mendapatkan vaksin.

"Ini baru tahap awal, masih akan ada tahap lanjutannya dan sementara kita gagas dengan aparatur pemerintah setempat," ujarnya.

Terpisah, Ridwan, salah satu pemuda setempat mengaku mengapresiasi program vaksinasi tahap awal. "Kita nda habis pikir ternyata masih adaji yang setidaknya mau buat kegiatan vaksin di sini, karena selama ini kan ditahu mi kalau di sini itu sudah lain mi orang pikir kalau dibilang Sapiria," kata dia.

Baca Juga: 310 Napi Rutan Makassar Selesaikan Vaksinasi Kedua

Topik:

  • Aan Pranata
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya