Makassar Perpanjang Belajar Daring Hingga 23 Februari 2023

Cuaca ekstrem diperkirakan masih berlanjut

Makassar, IDN Times - Pembelajaran daring di Kota Makassar kembali diperpanjang hingga 23 Februari 2023. Perpanjangan ini menyusul cuaca ekstrem yang diperkirakan masih berlanjut. 

Perpanjangan belajar daring tertuang dalam Surat Edaran Nomor 421.9/0840/DP/II/2023 tentang tentang Perpanjangan Kedua Pembelajaran Daring. Surat ini ditandangani Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin, pada 19 Februari 2023.

"Perpanjangan PJJ peserta didik sampai tanggal 23 Februari 2023," demikian kata Muhyiddin dalam pernyataan tertulisnya.

Baca Juga: BMKG Makassar Keluarkan Peringatan Dini Banjir Rob

1. Empat poin dalam surat edaran Disdik

Makassar Perpanjang Belajar Daring Hingga 23 Februari 2023Banjir di SMP Negeri 29, Jalan Andi Mappanyukki Makassar, Senin (13/2/2023). Dok. Dinas Pendidikan Makassar

Ada empat poin yang dituangkan dalam surat tersebut. Pertama yakni mengenai pelaksanaan kegiatan belajar dengan metode pembelajaran jarak jauh atau daring yang diikuti peserta didik dari rumah dilanjutkan dari tanggal 20-23 Februari 2023.

Kedua, sekolah yang terdampak banjir diimbau untuk tetap mengantisipasi kerusakan dokumen dan sarana prasarana pembelajaran dengan menempatkannya pada daerah yang tinggi di lingkungan sekolah.

Ketiga, seluruh pendidik dan tenaga kependidikan diimbau agar menghindari aktivitas luar yang memungkinkan dapat membahayakan keselamatan diri dan peserta didik.

Keempat, kepala sekolah bersama seluruh warga sekolah diimbau senantiasa berkoordinasi dan melaporkan kepada Dinas Pendidikan Kota Makassar mengenai kondisi yang membahayakan.

2. Makassar berpotensi hujan ringan

Makassar Perpanjang Belajar Daring Hingga 23 Februari 2023Ilustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di wilayah Makassar hujan ringan sepanjang siang hari. Diperkirakan akan hujan ringan di malam hari.
Selain itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini bagi masyarakat yang beraktivitas di wilayah Makassar. 

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pagi hari hingga dini hari di wilayah Sulawesi Selatan bagian barat dan selatan," demikian bunyi keterangan informasi yang dikutip IDN Times dari laman resmi BMKG, Senin, (20/02/2023)

3. Banjir masih menggenangi sejumlah lokasi

Makassar Perpanjang Belajar Daring Hingga 23 Februari 2023Kondisi rumah yang terendam banjir di Kecamatan Manggala, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (25/12/2022). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Sementara itu, jumlah pengungsi akibat banjir mulai berkurang. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar pada Minggu (19/2/2023) malam, tercatat ada 1.740 pengungsi yang tersebar di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Manggala, Biringkanayya, dan Tamalanrea.

Hingga kini, sejumlah titik lokasi di Kota Makassar masih tergenang banjir, khususnya di tiga kecamatan tersebut. Di Kecamatan Biringkanayya, ketinggian air berkisar 15-30 cm. Demikian pula di Kecamatan Manggala di mana ketinggian air berkisar 25 cm - 1,2 meter.

Baca Juga: Siswa di Makassar Masih Belajar Online karena Banjir-Cuaca Ekstrem

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya