Makassar Bakal Uji Coba Sekolah Tatap Muka pada April

Belum ditentukan sekolah mana yang dibuka lebih awal

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar akan melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka bulan ini. Uji coba akan dinilai layak dan perlu karena sudah banyak guru yang telah divaksinasi.

Hal itu disampaikan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto. Soal jadwal dan sekolah yang jadi percontohan, dia akan mengumumkannya beberapa hari ke depan.

"Besok saya tentukan. Saya koordinasi Kamis, Jumat, persoalan itu. Siapa sekolah yang paling siap, kan ada sekarang laporan 5.000 guru sudah divaksin," kata Danny di Balaikota Makassar, Selasa (6/4/2021).

Baca Juga: Jemaat Salat Tarawih di Makassar Dipisah menurut Vaksinasi

1. Sekolah daring masih berlangsung

Makassar Bakal Uji Coba Sekolah Tatap Muka pada AprilIlustrasi belajar daring di tengah pandemik COVID-19 yang kian masif di Indonesia (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Saat ini, sekolah di Makassar masih menerapkan pembelajaran jarak jauh atau sekolah virtual. Pemprov Sulsel secara keseluruhan juga kembali memperpanjang kebijakan sekolah virtual hingga 25 Juni 2021 mendatang.

Meski begitu, Danny mengatakan dia akan tetap mengikuti instruksi Pemprov untuk membuka sekolah secara resmi setelah bulan Juni. Namun sebelum sekolah benar-benar dibuka, Danny merasa perlu ada uji coba. 

"Kita ikut Pak Gubernur, tapi bagus juga kalau ada tes-tes. Kita tetap minta izinlah," kata Danny.

2. Kegiatan belajar tatap muka digelar bergiliran

Makassar Bakal Uji Coba Sekolah Tatap Muka pada AprilIlustrasi sekolah tatap muka. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Danny menjelaskan kegiatan belajar bisa dilaksanakan dengan mengurangi jumlah murid dalam kelas. Misalnya sebagian murid belajar di sekolah dan sebagiannya lagi tetap belajar di secara daring. 

"Jadi nanti modelnya adalah, kan kita mesti susun tata caranya. Jadi setengah kelas dulu satu jam, yang setengah kelasnya virtual. Nanti minggu depan, yang offline jadi online, yang online jadi offline," kata Danny.

3. Anak sekolah akan dites rapid antigen

Makassar Bakal Uji Coba Sekolah Tatap Muka pada Aprililustrasi kelas tatap muka di tengah pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/David Muharmansyah)

Selain itu, Danny juga telah mengambil kebijakan bahwa seluruh anak sekolah akan mengikuti tes rapid antigen. Itu juga termasuk bagian dari Makassar Recover. 

"Tadi ada 197 ribu anak sekolah, baik swasta maupun negeri, yang akan kami periksa antigen. Genose akan memelihara. Kan proses pertama dulu ini. Nah setelah itu, secara periodik mereka dites Genose," kata Danny.

Baca Juga: 3 Klaster Sekolah Terjadi Jelang Mulainya Sekolah Tatap Muka Juli 2021

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya